Asal Mula Bir, Ternyata dari Israel

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:00 WIB
Para peneliti menyimpulkan bir pertama kali dibuat oleh orang-orang yang bermukim di Israel. Foto/Ancient Origins
JAKARTA - Minuman bir sangat populer di dunia. Namun dalam Islam minuman ini masuk kategori haram karena bersifat memabukkan.

Menilik asal mulanya bir memiliki akar sejarah yang panjang. Para peneliti menyimpulkan bir pertama kali dibuat oleh orang-orang yang bermukim di Israel.

Travis Rupp, asisten profesor pengajar di Departemen Klasik di Munich, menyatakan selain di Israel bir juga dikenal di peradaban Mesir Kuno. Mereka meminum bir yang sedikit asam. Homer, penyair Yunani Kuno, juga berbicara tentang minuman yang disebut κυκέων, yang merupakan campuran anggur anggur dan biji-bijian yang difermentasi.



Dilansir dari Ancient Origins, Rabu (2/10/2024) Rupp yang juga dikenal sebagai arkeolog bir, berkeliling dunia untuk mempelajari bagaimana budaya kuno membuat bir, lalu membuat ulang resep-resep tersebut di sebuah pabrik bir penelitian di rumahnya. "Bir telah menjadi hal yang mengikat kita bersama untuk waktu yang lama," katanya.



Hingga saat ini, bukti tertua yang diketahui tentang pembuatan bir berasal dari sebuah gua di Israel. Penduduk Gua Raqefet menggunakan mortar terbuka di dasar batuan untuk menghancurkan dan merendam pati tanaman, mengubahnya menjadi gula - yang disebut para pembuat bir saat ini sebagai proses penggilingan. Mereka kemudian memfermentasi gula tersebut dalam wadah yang terbuat dari serat.

Yang menarik, situs Gua Raqefet berasal dari sekitar 11.000 SM. Sejauh yang diketahui sekarang, usianya hampir setua pertanian itu sendiri. "Seiring kemajuan sains, saya pikir kedua tanggal tersebut akan terus didorong mundur," kata Rupp.

Situs kuno seperti itu juga menantang apa yang mungkin dianggap oleh penggemar hop sebagai bir. Bir saat ini, menurut Rupp, sebagian besar dibuat dari tanaman sereal seperti barley, gandum, atau beras. Tetapi penduduk Gua Raqefet membuat minuman dari campuran biji-bijian yang dipanen liar dan tanaman lain seperti umbi-umbian dan buah-buahan.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More