Dijual Bebas di Indonesia, Inilah Peran Penting Burung Kolibri untuk Alam

Minggu, 06 Oktober 2024 - 10:32 WIB
Bunga yang memiliki serangga sebagai penyerbuk silang menghasilkan nektar dengan konsentrasi nektar yang lebih tinggi dalam volume yang rendah. Nektar yang lebih manis membuat serangga tetap berada di dalam bunga untuk waktu yang lama, sehingga meningkatkan kemungkinan penyerbukan silang pada tanaman.

Ada kesalahpahaman bahwa burung kolibri hanya memakan nektar. Meskipun nektar merupakan bagian penting dari makanan burung kolibri, mereka juga memakan banyak nyamuk, agas, lalat buah, dan laba-laba.

Nektar diproduksi oleh bunga untuk menarik burung dan serangga sebagai penyerbuk silang. Namun, nektar kekurangan nutrisi sehingga perlu untuk melengkapi makanan mereka dengan serangga.

Burung kolibri memiliki indera perasa yang berkembang dengan baik dan dapat mengenali nektar dengan berbagai konsentrasi gula dan, akibatnya, nilai energinya.

Penelitian telah menemukan bahwa burung kolibri lebih menyukai bunga dengan konsentrasi gula yang tinggi dan akan mengabaikan bunga yang menawarkan nektar dengan konsentrasi gula kurang dari 10%.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More