Ilmuwan Tangkap Suara-suara Menyeramkan dari Medan Magnet Bumi

Selasa, 15 Oktober 2024 - 18:11 WIB
Suara-suara Menyeramkan keluar dari Medan Magnet Bumi. FOTO/ DAILY
LONDON - Medan magnet Bumi berubah puluhan ribu tahun yang lalu dan kini kita tahu seperti apa bunyinya. Peristiwa itu hanya berlangsung sebentar, tetapi telah membuat para peneliti terpesona.

Peristiwa itu dikenal sebagai peristiwa Laschamp dan mengakibatkan perubahan medan magnet Bumi 41.000 tahun yang lalu.

Peneliti Denmark dan Jerman menggunakan data dari misi Swarm tiga satelit milik Badan Antariksa Eropa untuk menyelami medan magnet planet kita.

Seperti dilansir dari Wion News, penelitian ini telah membantu mereka memetakan dan menciptakan kembali suara-suara peristiwa Laschamp.

Bukti perubahan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1960-an di aliran lava Laschamps di Prancis dan diberi nama berdasarkan peristiwa tersebut. Selama peristiwa ini, medan magnet planet kita melemah hingga hanya lima persen dari kekuatan normalnya.

Saat hal ini terjadi, sekumpulan sinar kosmik melewati atmosfer. Para peneliti dari Universitas Teknik Denmark dan Pusat Penelitian Geosains Jerman menunjukkan dalam rekaman mereka bahwa hal itu menimbulkan suara yang mengerikan.

Para peneliti Skandinavia menggunakan rekaman lapangan dari beberapa hal, seperti derit kayu dan batu jatuh, lalu mencampurnya untuk menciptakan suara aneh dari medan magnet planet yang berputar menjauh.

Ini adalah pertama kalinya kami mendengar suara medan magnet yang berubah. Namun, para ilmuwan telah membuat soundtrack medan magnet sebelumnya, menggunakan data misi Swarm.