NASA Umumkan Matahari Mencapai Puncak Siklus Terpanasnya

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 19:54 WIB
Dalam video yang ditampilkan memperlihatkan gambar Observatorium Dinamika Surya NASA (NASA’s Solar Dynamics Observatory) menyoroti penampakan Matahari pada minimum matahari.

Gambar-gambar ini berada dalam panjang gelombang 171 sinar ultraviolet ekstrem, yang mengungkapkan daerah aktif di matahari yang lebih umum selama titik maksimum matahari.

Terdapat pula tampilan lain, seperti gambar cahaya yang tampak dari Observatorium Dinamika Surya NASA menyoroti kemunculan Matahari pada minimum matahari versus maksimum matahari (kanan, Agustus 2024).

Selama matahari minimum, Matahari seringkali bersih. Adapun bintik matahari dikaitkan dengan aktivitas matahari, dan digunakan untuk melacak kemajuan siklus matahari.

Para ilmuwan menggunakan bintik matahari untuk melacak kemajuan siklus matahari. Bintik-bintik gelap dikaitkan dengan aktivitas matahari, seringkali sebagai asal ledakan raksasa – seperti suar matahari atau lontaran massa koronal – yang dapat memuntahkan cahaya, energi, dan materi matahari ke luar angkasa.

Pada 3 Oktober 2024, misalnya, Matahari memancarkan suar matahari yang kuat. Pada tanggal ini, suar matahari ini adalah yang terbesar dari 25 Siklus Matahari.

Observatorium Dinamika Surya NASA menangkap citra suar matahari ini – seperti yang terlihat dalam kilatan terang di tengah pada 3 Oktober 2024.

Melansir The Associated Press (AP) badai matahari yang bertahan dari akhir pekan dapat menghasilkan aurora warna-warni samar di seluruh belahan bumi utara, dengan sedikit gangguan pada listrik dan komunikasi, kata peramal antariksa pada hari Senin.

Matahari telah menembakkan setidaknya lima suar matahari yang kuat sejak Sabtu yang mengandung awan plasma berenergi tinggi yang dapat mengganggu jaringan listrik dan mengacak sinyal GPS, menurut NOAA.

Badai matahari yang luar biasa kuat pada bulan Mei menghasilkan tampilan aurora yang mencengangkan di seluruh belahan bumi utara. Jadi, bersiaplah. Kita mungkin akan mengalami cuaca panas luar angkasa yang penuh badai.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More