Barisan Negara Asia yang Pernah Jalani Misi Tembus Luar Angkasa

Senin, 28 September 2020 - 04:06 WIB
Sejumlah negara Asia tak ingin hanya jadi penonton saat negara Barat dan Rusia mengeksplorasi Bumi. Foto/Ist
JAKARTA - Seperti diketahui, misi luar angkasa yang dilakukan oleh negara-negara di Bumi dimulai oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat . Barulah kemudian berbagai negara lainnya bertekad melakukan misi serupa, termasuk negara-negara di Asia. (Baca juga: Positif Corona di Kota Bogor Kembali Naik 25 Orang Sehari )

Meski misi tersebut dimulai oleh Negeri Barat, negara di kawasan Asia tak mau ketinggalan. Tidak sedikit negara di Asia yang berhasil ke luar angkasa.

Berikut ini beberapa negara di Asia yang pernah sukses melalukan penerbangan luar angkasa:

China

Sudah tak diragukan lagi Negeri Tirai Bambu berhasil menerbangkan misi luar angkasa. Pada Agustus lalu, China telah berhasil melakukan peluncuran satelit Observasi Bumi. Satelit yang diluncurkan Roket Long March 2D itu merupakan misi luar angkasa China ke-22, menambah laju percepatan program luar angkasa pada 2020.



Jepang

Negeri Matahari adalah negara yang juga tak mau ketinggalan menciptakan misi luar angkasa miliknya. Jepang pernah menerbangkan pesawat luar angkasanya bernama Hayabusa 2, untuk meneliti asteroid Ryugu di dekat Bumi.

Kemudian pada Februari lalu, Badan Antariksa Jepang, JAXA, mengumumkan bahwa negeranya siap meluncurkan misi ke salah satu bulan dari Planet Mars.

India
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More