Hancur, Pesawat Luar Angkasa Hanya Bisa Bertahan Dua Jam di Planet Venus

Senin, 11 Januari 2021 - 00:27 WIB
Tetapi pendaratan di area ini di Venus bisa sangat sulit. Sayangnya, peta terbaik planet itu- dari pengorbit Magellan NASA pada 1990-an- tidak dapat banyak membantu menginformasikan para insinyur seberapa curamnya lereng di medan Tessera. Peta menunjukkan sebagian besar kurang dari 30 derajat, yang dapat ditangani oleh pendarat dengan empat kaki teleskop. Tapi beberapa tingkat kecuramannya bisa mencapai 60 derajat, membuat pesawat ruang angkasa rentan terjatuh.

"Kami memiliki pemahaman yang sangat buruk tentang seperti apa permukaannya," kata Gilmore. “Berapa ukuran bongkahannya? Berapa distribusi ukuran batuan? Apakah itu lembut?”

Jadi pendarat akan membutuhkan semacam sistem navigasi cerdas untuk memilih tempat terbaik untuk mendarat dan menyetir ke sana. Namun, kebutuhan akan kemudi menimbulkan masalah lain. Yakni, tidak seperti pendarat di Mars, pendarat Venus tidak dapat menggunakan mesin roket kecil untuk memperlambat saat turun.

Bentuk roket disesuaikan dengan kepadatan udara yang akan didorongnya. Itulah mengapa roket yang meluncurkan pesawat ruang angkasa dari Bumi memiliki dua bagian. Rinciannya, satu untuk atmosfer Bumi dan satu untuk ruang hampa udara. "Atmosfer Venus mengubah kepadatan dan tekanan dengan sangat cepat antara ruang angkasa dan permukaan planet sehingga menjatuhkan satu kilometer akan membuat roket bekerja dengan sempurna, menjadi salah tembak dan mungkin meledak dengan sendirinya," tutur Knicely.

Alih-alih roket, pendarat yang diusulkan akan menggunakan kipas untuk mendorong dirinya sendiri, hampir seperti kapal selam, mengubah kerugian dari atmosfer yang padat menjadi keuntungan.

Atmosfer planet juga menghadirkan tantangan terbesar dari semuanya, melihat tanah. Atmosfer padat Venus menyebarkan cahaya lebih banyak daripada Bumi atau Mars, mengaburkan tampilan permukaan hingga beberapa kilometer terakhir penurunan.

Lebih buruk lagi, cahaya yang tersebar membuatnya seolah-olah iluminasi datang dari segala arah sekaligus, seperti menyinari senter ke dalam kabut. Tidak ada bayangan untuk membantu menunjukkan lereng curam atau mengungkap batu-batu besar yang bisa ditabrak pendarat.

Itu adalah masalah besar, menurut Knicely, karena semua perangkat lunak navigasi yang ada mengasumsikan bahwa cahaya hanya berasal dari satu arah. “Jika kami tidak dapat melihat tanah, kami tidak dapat menemukan di mana barang-barang yang aman,” kata Knicely.

Dan mereka juga tidak dapat menemukan di mana sains itu berada. Sementara solusi yang diusulkan untuk tantangan lain pendaratan di Venus hampir bisa dilakukan, katanya, yang satu ini tetap menjadi rintangan terbesar.

Pendaratan di Europa
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More