Pakar Pertahanan Planet Gunakan Asteroid Berbahaya untuk Perlindungan Bumi

Selasa, 02 Maret 2021 - 13:48 WIB
Apophis akan terbang melewati Bumi pada 5 Maret. Asteroid tersebut akan tetap berjarak sekitar sepersepuluh dari jarak rata-rata Bumi-Matahari.

Untuk menandai perjalanan tahun ini, Jaringan Peringatan Asteroid Internasional melembagakan kampanye serupa yang ketiga. Sebelumnya para ilmuwan pernah berlatih di asteroid bernama 2012 TC4 dan pada 1999 KW4, yaitu sepasang batuan yang saling mengitari.

Untuk Apophis, sekitar 40 ilmuwan dari 13 negara berbeda telah mendaftar. Para pengamat ini memulai dari awal dalam hal mengevaluasi seberapa besar bahaya yang ditimbulkan asteroid ke Bumi.

"Ini bukan tujuan ilmiah," kata Reddy. "Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengamatan baru seolah-olah kita tidak tahu apa-apa tentang objek ini dan mencoba dan melihat di mana dalam prosesnya kita perlu meningkatkan efisiensi dan juga mengidentifikasi faktor manusia. Siapa pun yang berurusan dengan ilmuwan tahu bahwa itu seperti menggiring kucing, dan ketika Anda melakukannya dalam skala internasional, ada sebagian diplomasi, sebagian sains, dan sebagian pertahanan planet."
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More