Benarkah Misi DART Menabrak Asteroid Dimorphos untuk Menyelamatkan Bumi?

Kamis, 25 November 2021 - 19:25 WIB
Saat ini asteroid Dimorphos membutuhkan waktu sekitar 11 jam dan 55 menit untuk mengelilingi orbit lengkap Didymos. Tabrakan DART ke Dimorphos diperkirakan akan mengubah waktu orbitnya menjadi 11 jam 45 menit. (Baca juga; NASA Sukses Luncurkan DART, Jarak Tempuh 7 Juta Mil Misi Menabrak Asteroid Dimorphos )

Setelah uji coba ini penabrakan misi DART berhasil, eksperimen dilanjutkan misi HERA dari Badan Antariksa Eropa pada tahun 2027. Misi HERA yang akan mempelajari perubahan pada sistem Didymos dan moonlet Dimorphos setelah ditabrak wahana DART. (Baca juga; 13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9 )

Data yang diperoleh dari misi ini akan memberikan informasi penting di masa depan sebagai metode mengalihkan asteroid dengan menggunakan dampak kinetik. Ini merupakan salah satu dari beberapa metode yang diusulkan untuk mencegah jika terjadi dampak bencana asteroid seperti yang membunuh dinosaurus 65 juta tahun yang lalu.

"Misi DART mengubah fiksi ilmiah menjadi fakta ilmiah dan merupakan bukti proaktif inovasi NASA untuk kepentingan semua. Tes ini akan membantu membuktikan satu cara yang layak untuk melindungi planet kita dari asteroid berbahaya seandainya ditemukan bahwa sedang menuju ke Bumi," kata Administrator NASA Bill Nelson dalam siaran pers dikutip SINDOnews dari laman theweathernetwork, Kamis (25/11/2021).