10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021

Senin, 13 Desember 2021 - 14:14 WIB
Arkeolog dari Fakultas Arkeologi dan Sejarah Kuno Universitas Leicester menemukan sisa-sisa mosaik berukuran 11 x 7 meter yang menggambarkan pertempuran pahlawan legendaris Achilles dan Pangeran Troya Hector. Foto/heritagedaily
BERBAGAI penemuan arkeologi terus bermunculan dan mengungkap banyak nilai sejarah dan pengetahuan tentang kehidupan sebelumnya. Sepanjang tahun 2021 ada sepuluh penemuan arkeologi yang dinilai terbesar dan terpenting yang dirangkum laman heritagedaily, berikut urutannya;

1. Mosaik Langka Perang Troya di Inggris



Para arkeolog menemukan mosaik langka yang menggambarkan adegan-adegan dari Homer's Iliad saat menggali kompleks vila Romawi pada September 2021. Arkeolog dari Fakultas Arkeologi dan Sejarah Kuno Universitas Leicester menemukan sisa-sisa mosaik berukuran 11 x 7 meter yang menggambarkan pertempuran pahlawan legendaris Achilles dari Iliad dan dengan Pangeran Troya Hector.

Karya seni tersebut membentuk lantai ruang makan dalam sebuah bangunan vila besar dari abad ke-3 dan ke-4 pada periode Romawi akhir. Sebuah studi geofisika dan evaluasi arkeologi mengidentifikasi beberapa bangunan pendukung, seperti lumbung, rumah pemandian, struktur melingkar dari serangkaian parit pembatas. (Baca juga; Mosaik Perang Troya Berukuran 77 Meter Ditemukan di Inggris, Lukiskan Duel Epik Hector dan Achilles )



2. Kereta Upacara Romawi dekat Kota Romawi Pompeii



Arkeolog dari Taman Arkeologi Pompeii dan Kantor Kejaksaan Torre Annunziata menemukan Kereta Upacara Romawi yang masih utuh saat penggalian dekat Kota Romawi Pompeii. Penggalian dilakukan pada material vulkanik sedalam 6 meter. (Baca juga; Bukti Langka Penyaliban Romawi Ditemukan di Inggris, Paku Menancap di Tulang Tumit )

Ditemukan sebuah kereta upacara besar yang disebut Pilentum di serambi dua tingkat, dengan keempat rodanya masih utuh, bersama dengan komponen besi, perunggu dan dekorasi timah, sisa-sisa kayu mineral. Ditemukan juga jejak bahan organik seperti tali dan hiasan bunga.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More