10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021

Senin, 13 Desember 2021 - 14:14 WIB


Para arkeolog yang dipimpin Dr Zahi Hawass menemukan kota Mesir Kuno berusia 3500 tahun di dekat Luxor di Mesir, saat menggali area antara kuil Rameses III di Medinet Habu dan kuil Amenhotep III di Memnon untuk mencari Kuil Kamar Mayat Tutankhamun. (Baca juga; Penemuan Makam Berusia 3.300 Tahun di Mesir, Berisi 2 Jenazah Berlidah Emas )

Kota ini berasal dari periode Amenhotep III (dikenal sebagai Amenhotep yang Agung – firaun kesembilan dari Dinasti Kedelapan Belas). Perkiran ini berdasarkan penemuan sejumlah besar benda arkeologis, seperti cincin, scarab, bejana tembikar berwarna, dan bata lumpur yang memuat segel Cartouche Raja Amenhotep III.

6. Jejak Tangan dan Kaki dalam Batu di Tibet



Contoh tertua dari seni tidak bergerak yang terdiri dari tangan dan jejak kaki yang diabadikan dengan hati-hati telah ditemukan di Tibet. Sebuah tim peneliti multi-nasional dari Universitas Bournemouth dan Universitas Guangzhou menemukan lima sidik jari dan lima jejak kaki di Quesang, Dataran Tinggi Tibet, yang berasal dari 169.000-226.000 tahun yang lalu, di tengah Zaman Es.

Penanggalan cetakan dilakukan dengan menggunakan metode radiometrik berdasarkan peluruhan uranium yang ditemukan di travertine. Teknik itu memberikan bukti untuk pendudukan hominin paling awal di Dataran Tinggi Tibet. (Baca juga; 2 Patung Buddha Tertua Ditemukan di China, Terbuat dari Emas dan Tembaga )

7. Lingkungan Suku Maya Teotihuacan di Tikal



Para arkeolog melakukan survei di kota Maya, Tikal, menemukan lingkungan yang sebelumnya tidak dikenal menggunakan perangkat lunak pendeteksi cahaya. Sebagai bagian dari studi oleh Pacunam Lidar Initiative, konsorsium peneliti menggunakan Lidar di area yang dianggap sebagai perbukitan alami.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More