Tengkorak dan Otak Kucing Menyusut, Ternyata Manusia Penyebabnya

Rabu, 02 Februari 2022 - 12:52 WIB
Namun, beberapa penelitian ini membandingkan kucing modern hanya dengan kucing liar Eropa, yang tidak lagi dianggap sebagai nenek moyang langsung mereka. Peneliti baru ini ingin memperbarui dengan membandingkan kucing rumahan dengan kucing liar Afrika, yang telah dikonfirmasi oleh penelitian genetik sebagai nenek moyang terdekat kucing domestik modern.

Tim menemukan bahwa penelitian lama masih bertahan, dengan kucing rumahan menunjukkan pengurangan ukuran tengkorak sebanyak 25% dibandingkan dengan kucing liar Afrika dan Eropa. Para peneliti juga memeriksa sejumlah spesies kucing liar/domestikasi hibrida, dan mereka menemukan bahwa ukuran tengkorak ini sebagai adaptasi yang sempurna antara spesies liar dan domestik.

Semua ini menunjukkan bahwa domestikasi memiliki efek signifikan pada evolusi kucing selama beberapa ribu tahun terakhir — sebuah fenomena yang juga terlihat pada banyak spesies hewan peliharaan lainnya. "Perubahan volume tengkorak telah didokumentasikan dengan baik di seluruh spesies [yang sudah dijinakkan], termasuk domba, kelinci, anjing dan banyak lagi," tulis para peneliti.

Memahami penelitian ini tidak hanya menyoroti beberapa perubahan perkembangan yang ditimbulkan akibat domestikasi pada hewan liar. Namun, menimbulkan kekhawatiran tentang spesies liar yang terancam oleh hibridisasi dengan hewan domestik.