7 Fakta Gading Gajah, Bagian Tubuh Termahal dan Paling Dicari

Kamis, 24 Februari 2022 - 19:00 WIB
Permintaan tertinggi untuk gading gajah berasal dari China. Gading biasanya diukir menjadi patung atau digunakan dalam produk lain. Banyak orang China menganggap gading sebagai simbol keberuntungan, kekayaan, dan status. Negara-negara lain termasuk AS juga memiliki pasar gading ilegal.

Dilarang Diperdagangkan



CITES, badan internasional yang mengatur spesies yang terancam punah, saat ini melarang perdagangan gading karena risikonya terhadap konservasi gajah.

Beberapa negara Afrika menentang larangan perdagangan ini, sementara yang lain, seperti Kenya, mendukungnya. Di Amerika Serikat, perdagangan gading dilarang dengan hanya beberapa pengecualian. Undang-undang federal dan undang-undang negara bagian membatasi penjualan gading.

Berapa Harga Gading Gajah?



Harga gading gajah memang sangat mahal. Mencapai USD3.300 atau Rp47 juta untuk setiap 450 gram. Karena itu, pasar gading dunia bernilai USD23 miliar per tahun. Untuk gading mentah, dari hasil penyelidikan Wildlife Justice Commission, dijual antara USD597/kg dan USD689/kg.

Berubah Warna

Gading berasal dari bahan organik yang cepat menyerap kelembapan. Seiring waktu, gading menjadi gelap dan/atau berubah warna menjadi kuning. Warna permukaan yang kuning itu disebut patina. Perubahan warna ini merupakan indikator jika umurnya semakin tua dan tidak boleh dihilangkan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More