8 Bom Nuklir yang Ribuan Kali Lebih Dahsyat Dibanding Bom Hiroshima

Senin, 14 Maret 2022 - 07:46 WIB
Pada 24 Desember 1962, Uni Soviet memberi hadiah Natal berupa uji coba bom nuklir di kepulauan Novaya Zemlya. Kepulauan tersebut memiliki gletser terbesar kedua di Kutub Utara.

Bob itu berkekuatan 24,2 megaton, atau 50 persen dari kekuatan Tsar Bomba. Tapi, masih merupakan senjata nuklir paling kuat kedua yang pernah diledakkan. Juga, masih 1.600 kali lebih kuat dibandingkan bom yang dijatuhkan di Hiroshima.

Walau senjata nuklir terkuat kedua di dunia, namanya hanya disebut sebagai tes 219. Tes 219 menjadi salah satu bom nuklir terakhir yang dijatuhkan dari udara oleh Uni Soviet. Sebab, pada 1963 ada larangan pengujian di atas tanah dan harus di bawah tanah.

3. Test 147



Pada 5 Agustus 1962, Uni Soviet menjatuhkan bom nuklir berkekuatan 21,1 megaton di atas kepulauan Novaya Zemlya. Ini menjadi ledakan nuklir terkuat ketiga dalam sejarah, dan hanya diberinama test 147. Bom tersebut 1.400 kali lebih kuat dari yang dijatuhkan di Hiroshima.

Terlepas kekuatannya yang sangat besar, ledakan nuklir ini tidak begitu dikenal. Menurut situs Nukemap, jika senjata itu meledak di atas Central Park, New York, akan menghasilkan bola api yang akan menutupi seluruh taman.

4. Test 173



Foto udara dari sebuah pangkalan di Kuba yang diambil selama Krisis Rudal Kuba beberapa minggu setelah nuklir ini dijatuhkan. Foto: ist
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More