5 Logam Termahal di Dunia, Nomor 5 Harganya Capai Ratusan Juta Rupiah

Rabu, 20 April 2022 - 12:56 WIB
4. Iridium



Iridium menjadi salah satu unsur paling langka di dunia. Tak hanya itu, Iridium juga tercatat sebagai logam paling padat kedua di bumi serta logam yang paling tahan terhadap korosi. Jenis logam ini memiliki penampilan berwarna perak keputihan dalam bentuk murninya. Iridium ditemukan dalam jumlah yang lebih tinggi dalam meteorit daripada di kerak bumi.

Produksi iridium terbesar berada di kompleks beku Bushveld dekat kawah Vredefort, Afrika Selatan. Peningkatan permintaan Iridium menyebabkan kenaikan harga yang signifikan sejak Maret 2021.

Logam ini banyak digunakan sebagai katalis untuk elektrolisis dalam produksi tenaga hijau menggunakan hidrogen. Harga dari Iridium ini mencapai sekitar USD5.000 (Rp71,7 juta) per troy ounce.

5. Rhodium



Logam termahal di dunia disematkan jatuh kepada Rhodium. Jenis logam ini merupakan salah satu barang terlangka dari kelompok platinum dengan permintaan sekitar 32 ton per tahunnya. Produsen terbesar Rhodium adalah Afrika Selatan yang menghasilkan sebagian besar dari 21 ton Rhodium per tahun di dunia.

Selain itu, Kanada dan beberapa negara di Amerika Selatan juga memproduksi logam ini sebagai produk sampingan dari pemurnian tembaga dan nikel. Sebagai logam mulia, Rhodium menolak reaksi kimia dan sering digunakan dalam campuran platinum untuk melindungi logam dari oksidasi pada suhu tinggi. Rhodium menjadi komoditas panas dengan harga yang cenderung meningkat seiring bertambahnya permintaan.

Penggunaan rhodium dalam industri otomotif menjadi salah satu sektor dengan permintaan tertinggi. Biasanya logam ini digunakan dalam perhiasan untuk electroplate emas dengan campuran logam seperti nikel atau palladium. Kegunaan lainnya adalah melapisi kontak listrik dan elektroda pada busi. Harga dari Rhodium ini mencapai sekitar USD15.450 (Rp221,7 juta) per troy ounce.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More