Katak Kaca Punya Perut Tembus Pandang, Ternyata Ini Gunanya!

Minggu, 15 Mei 2022 - 16:51 WIB
Salah satunya, menggunakan analisis komputer untuk menilai warna dan garis besar katak di setiap foto. Para peneliti menemukan bahwa katak kaca selalu tampak hijau. Tetapi, mereka menjadi cerah atau gelap tergantung pada latar belakangnya. Dengan cara ini, katak melebur dengan warna hijau daun yang mereka duduki.

Para peneliti juga melaporkan bahwa kaki katak lebih transparan daripada tubuh mereka, yang membuat tidak dikenali oleh pemangsa.

”Kaki tembus pandang yang bertemu daun menjadi gradien lembut dan minim kontras, sehingga katak terlihat menyatu dengan daun,” kata Barnett. Para peneliti menyebut teknik kamuflase baru ini sebagai “difusi tepi”.



Pengujian lainnya melibatkanmanusia. Ada 125 gambar katak dengan tingkat tembus pandang yang berbeda. Lalu, 25 orang diminta melihat katak secepat mungkin. Hasilnya, katak yang paling sulit dilihat manusia memiliki pola tembus pandang yang biasanya terlihat pada katak kaca.



Pengujian terakhir, tim Barnett menciptakan 360 katak palsu dari gelatin dan melepaskannya di hutan hujan Ekuador selama tiga hari. Setengah dari katak palsu itu buram. Tapi, setengahnya lagi tembus pandang. Hasilnya, para peneliti menemukan katak buram diserang oleh burung dua kali lebih banyak.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More