Kangguru Raksasa Borotot dengan Tubuh Bungkuk Ini Berasal dari Papua Nugini

Jum'at, 01 Juli 2022 - 07:00 WIB
Ada banyak spesies walabi dan possum berbeda yang tidak ada di Australia, dan lebih banyak lagi yang masih ada dalam catatan fosil, di mana belum diketahui keberadaannya.

Untuk mengungkap keberadaan jejak hewan tersebut, para peneliti menggunakan pencitraan 3D guna mempelajari fosil rahang Nombe.

Analisis yang mereka peroleh menunjukkan, bahwa spesies tersebut berevolusi dari bentuk kanguru purba, yang menyebar ke Papua Nugini sekitar 5-8 juta tahun yang lalu.

Selama waktu itu, pulau Papua Nugini dan daratan Australia dihubungkan oleh jembatan darat, berkat permukaan laut yang lebih rendah.

Sebelum jembatan dibanjiri dan menjadi Selat Torres seperti sekarang ini, jembatan itu memungkinkan mamalia awal Australia untuk pindah ke Papua Nugini.

Menurut para peneliti, di sanalah hewan-hewan tersebut berevolusi agar sesuai dengan rumah tropis baru mereka.

Para ilmuwan mengaku akan terus melakukan penelitian di Papua Nugini. Foto: ist

Sementara beberapa penelitian dilakukan pada 1960-an, 70-an dan 80-an, mempelajari megafauna punah ini. Akan tetapi selanjutnya tidak ada penggalian yang dilakukan di sana sejak awal 90-an. Para peneliti sekarang berusaha untuk melanjutkan penemuan itu, dengan studi detail.