Penemuan Baru, Campuran Bakteri Bikin Bahan Bakar Roket Jadi Super-Efisien

Senin, 04 Juli 2022 - 20:01 WIB
Penampakan bakteri Streptomyces yang mengilhami bahan bakar roket jenis baru yang potensial. Foto/Space.com
FLORIDA - Penemuan biofuel baru yang dikembangkan menggunakan campuran molekul antijamur yang dihasilkan bakteri Streptomyces, membuat bahan bakar roket jadi super-efisien. Selain ramah lingkungan, bahan bakar ini jauh lebih padat daripada bahan bakar roket yang digunakan saat ini.

Bahan bakar kombinasi yang ramah lingkungan ini dapat dipasangkan dengan booster tambahan dengan varian bahan bakar yang biasa digunakan untuk meluncurkan roket. Saat ini banyak mesin roket menggunakan bahan bakar oksigen cair dan hidrogen cair sebagai propelan.

“Bahan bakar ini akan dihasilkan dari bakteri yang diberi makan dengan materi tanaman, membakarnya di mesin akan secara signifikan mengurangi efek gas rumah kaca,” kata pemimpin proyek, Jay Keasling, CEO Gabungan Departemen Energi Institut BioEnergy, dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (4/7/2022).

Para peneliti menambahkan, biofuel yang digerakkan oleh bakteri sangat energik dan berpotensi meningkatkan kemampuan roket. Molekul kunci ini disebut POP-FAME, kependekan dari "polycylcopropanated fatty acid methyl esters."





Struktur molekul-molekul ini termasuk cincin tiga karbon berbentuk segitiga yang meregangkan ikatan karbon-karbon menjadi sudut 60 derajat yang ekstrem. Strain ini menghasilkan energi pembakaran potensial tinggi, dan struktur yang tidak biasa juga memungkinkan molekul bahan bakar untuk dikompres menjadi volume yang relatif kecil, kata para peneliti.

Kombinasi karakteristik itu dapat bekerja dengan baik untuk penerbangan luar angkasa. Ini menjadi solusi para insinyur penerbangan yang selalu berusaha mengurangi massa peluncuran untuk menghemat bahan bakar dan biaya.

Tim peneliti berfokus pada dua contoh senyawa organik yang diketahui dengan cincin tiga karbon, keduanya dihasilkan oleh bakteri Streptomyces. Sementara bentuk kehidupan ini sangat sulit untuk tumbuh di laboratorium, spesies dalam genus yang disebut Streptomyces roseoverticillatus dianalisis secara genetik.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More