Daftar Fenemona Alam Unik yang Terjadi di Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:02 WIB
Daftar fenomena alam unik yang terjadi di Indonesia. FOTO/ IST
JAKARTA - Alam selalu menyimpan banyak kejutan. Kejutan-kejutan tersebut dapat dilihat melalui berbagai fenomena alam yang terjadi. Fenomena alam ini dapat terjadi karena beragam hal seperti adanya pengaruh mikroorganisme, cahaya matahari, hingga aktivitas luar angkasa.

Fenomena seperti gempa bumi, pelangi, dan gerhana mungkin sudah biasa terjadi, namun alam masih menyimpan berbagai fenomena unik lainnya yang mampu membuat manusia terkagum-kagum.

Fenomena-fenomena tersebut di luar kehendak manusia dan merupakan bukti kuasa Tuhan. Selain unik, ada juga beberapa fenomena yang sangat langka dan hanya terjadi sekali dalam kurun waktu yang lama. Berikut deretan fenomena alam unik di Indonesia.

1. Api Biru

Indonesia patut berbangga diri sebab menyimpan sebuah fenomena alam yang langka. Fenomena yang dimaksud adalah api biru atau blue fire yang terdapat di Kawah Ijen, Banyuwangi. Fenomena ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Indonesia dan Islandia. Api biru dapat terjadi sebagai hasil dari pembakaran gas belerang yang bertemu dengan oksigen di atas suhu 360 derajat Celsius.



Fenomena api biru hanya dapat dilihat di jam tertentu saja. Waktu terbaik untuk melihat api ini adalah ketika dini hari, tepatnya di jam 02.00 WIB dan 03.00 WIB



Pasalnya, api tersebut akan mengecil di jam 05.00 WIB lantaran terkena sinar matahari yang membuat sinar api berubah menjadi kuning atau oranye. Selain itu, untuk melihat fenomena ini, para pengunjung harus mendaki gunung dengan ketinggian sekitar 2.443 mdpl.

2. Api Abadi
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More