Daftar Fenemona Alam Unik yang Terjadi di Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:02 WIB
Tidak hanya satu, Indonesia mempunyai beberapa titik yang terdapat fenomena alam api abadi. Semburan api yang muncul dari dalam tanah ini tidak pernah kunjung padam meskipun hujan mengguyur. Bahkan, beberapa dari api abadi ini sudah ditemukan sejak zaman kerajaan di Indonesia, seperti Api Abadi Mrapen di Grobogan, jawa Tengah.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM menyatakan bahwa fenomena ini terjadi karena adanya patahan dan lipatan lempeng yang mengakibatkan keluarnya gas dari perut bumi.



Sebagian besar dari gas itu adalah gas metana (CH4) yang terbuat dari bahan organik fosil dan bersifat mudah terbakar. Gas inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa api terus menyala meski sudah terkena guyuran air sekalipun.

Konon, Api Abadi Mrapen ditemukan oleh Sunan Kalijaga saat dalam ekspedisi pemindahan barang Kerajaan Majapahit ke Kerajaan Demak. Saat itu, Sunan Kalijaga bersama rombongannya yang kehausan berdoa kepada Tuhan untuk diberi air. Lalu, ia menancapkan tongkatnya ke tanah dan keluarlah api abadi. Kini, api abadi itu dijadikan obyek wisata dan telah digunakan sebagai obor dari berbagai pesta olahraga, seperti saat PON X tahun 1981 hingga Asian Games 2018 silam.

3. Salju Abadi

Selain api abadi, Indonesia juga memiliki salju abadi. Keberadaan salju sendiri di Indonesia yang merupakan negara tropis sudah merupakan anomali, apalagi ini adalah salju abadi. Salju abadi yang terdapat di Indonesia berada di puncak Pegunungan Jayawijaya, Papua. Pegunungan Jayawijaya, yang merupakan rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia, memiliki puncak tertinggi yang dinamakan Puncak Jaya dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Diketahui, salju abadi di puncak Jayawijaya ini adalah satu-satunya gletser tropis di Asia. Sayang, salju abadi ini kelak tak lagi akan ditemui. Gletser yang telah ada sejak 5.000 tahun lalu ini terus mencair akibat terjadinya pemanasan global dan diperparah dengan peristiwa El Nino. Dikutip dari laman BMKG, antara tahun 2002-2018, luas tutupan es berkurang sebesar 78%.

4. Pantai Pasir Pink

Selain api biru, Indonesia memiliki satu lagi fenomena alam yang unik dan langka di dunia. Fenomena tersebut adalah pantai pink yang hanya ada tujuh di dunia. Pink beach atau pantai merah muda terletak Pulau Komodo, Labuan Baju, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Pink Flores atau Pantai Pink Labuan Bajo.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More