Daftar Fenemona Alam Unik yang Terjadi di Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:02 WIB


Tidak seperti pantai pada umumnya, pasir di pantai pink ini berwarna merah muda. Hal ini dikarenakan adanya campuran dari serpihan karang, cangkang kerang, kalsium karbonat dari invertebrata laut yang berukuran sangat kecil, dan Foraminifera, yakni mikroorganisme yang memiliki cangkang merah atau pink cerah.

5. Danau Tiga Warna

Tidak hanya Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur juga mempunyai keindahan lain yang tersimpan di balik Gunung Kelimutu, ialah Danau Kelimutu. Tidak seperti danau biasanya, Danau Kelimutu memiliki tiga warna yang berbeda dengan masing-masing nama yang berbeda pulau.

Ketiga danau itu Tiwu Ata Mbupu yang berarti Danau Roh Nenek Moyang, Tiwu Ata Polo yang berarti Danau Roh Jahat, dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang berarti Danau Roh Anak Muda. Uniknya, selain memiliki warna berbeda, warna pada masing-masing danau dapat berubah, dari hijau berubah jadi biru, hitam atau merah.

Dilansir dari situs resmi LIPI, warna pada air danau tersebut merupakan refleksi dari gelombang cahaya yang bertemu dengan berbagai material yang tersimpan di dalam air.

Selain itu, pengaruh gas yang tersimpan dalam perut bumi juga menjadi faktor dari terjadinya perubahan warna pada Danau Kelimutu. Maka dari itu, para peneliti menjadikan warna pada air danau sebagai parameter dalam penentuan status aktivitas magma.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More