Badan Antariksa Eropa Beralih ke SpaceX untuk Peluncuran Teleskop Ruang Angkasa

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 19:04 WIB
Badan Antariksa Eropa (ESA) memilih SpaceX untuk menggantikan badan antariksa Rusia (Roscosmos) sebagai peluncur dua misi penting dalam dua tahun ke depan.Foto/Reuters
PARIS - Badan Antariksa Eropa (ESA) memilih SpaceX untuk menggantikan badan antariksa Rusia (Roscosmos) sebagai peluncur dua misi penting dalam dua tahun ke depan. Dua misi ESA yang dipilih untuk peluncuran SpaceX Falcon 9 adalah teleskop ruang angkasa Euclid dan probe Hera untuk menindaklanjuti misi DART NASA.

Peluncuran di atas roket SpaceX akan berlangsung masing-masing pada tahun 2023 dan 2024. Kedua misi tersebut awalnya direncanakan untuk diluncurkan oleh badan antariksa Rusia, Roscosmos, dengan roket Soyuz. Namun, hubungan yang tegang setelah invasi berkelanjutan Rusia ke Ukraina telah mendorong ESA untuk mencari vendor peluncuran lainnya.

Pengumuman itu disampaikan kepala ESA Joseph Aschbacher selama sesi informasi setelah pertemuan Dewan ESA. “Hari ini keputusan telah dibuat tentang peluncuran Euclid, Earthcare, dan Hera,” kata Aschbacher kepada wartawan dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Jumat (21/10/2022).



Aschbacher menambahkan, negara-negara anggota ESA telah memutuskan bahwa misi Euclid dan Hera diusulkan untuk diluncurkan dengan Falcon 9 dan Earthcare akan diluncurkan di Vega C. “Ini adalah tindakan sementara yang perlu kami luncurkan, terutama karena tap out Soyuz,” lanjut Aschbacher.



Diketahui Earthcare adalah satelit pengamat Bumi ESA yang akan bergabung dengan program Copernicus Eropa, konstelasi pesawat ruang angkasa pemantau iklim. Seperti yang dicatat Aschbacher, Earthcare sekarang akan diluncurkan bukan di Soyuz tetapi di Vega C, roket yang dioperasikan oleh perusahaan Prancis Arianespace yang memulai debutnya Juli lalu.

Pengumuman ESA berasal dari invasi Rusia ke Ukraina dan mengakibatkan sanksi yang telah merenggangkan hubungan antara badan antariksa Barat dan Roscosmos. Pada Februari 2022, Aschbacer menegaskan bahwa ESA akan terus bekerja sama dengan Rusia sehubungan dengan invasi Ukraina, meskipun para pakar kebijakan luar angkasa meragukannya.

Baca juga; ESA Teken Kontrak Pembuatan Modul Orion untuk Misi NASA ke Bulan

Selain misi Euclid, Hera, dan Earthcare, Badan Antariksa Eropa telah mengakhiri kerja sama dengan Roscosmos dalam program penjelajah Mars pemburu kehidupan yang dijadwalkan diluncurkan akhir dekade ini. “Keadaan yang menyebabkan penangguhan kerja sama dengan Roscosmos, perang di Ukraina dan sanksi yang dihasilkan, terus berlanjut,” lanjut Aschbacher.
(wib)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More