5 Bunker Nuklir Terbesar di Dunia, Nomor Terakhir Bisa Menampung 20 Ribu Orang

Jum'at, 20 Januari 2023 - 18:09 WIB
loading...
5 Bunker Nuklir Terbesar di Dunia, Nomor Terakhir Bisa Menampung 20 Ribu Orang
Terdapat lima bunker nuklir terbesar di dunia yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat lima bunker nuklir terbesar di dunia yang bisa diketahui. Bunker tersebut dibangun untuk melindungi umat manusia dari berbagai ancaman perang.

Ledakan bom atom pertama kali pada 1945 mengantarkan dunia ke era baru. Saat itu ketakutan akan pemusnahan massal mulai melanda yang membuat manusia menciptakan alat perlindungan atau pertahanan diri dari serangan.

Salah satu bentuk pertahanan yang diciptakan adalah bunker. Menurut World Atlas, bunker ini dibangun supaya dapat menahan serangan berkekuatan besar seperti bom nuklir.

Baca juga : Khawatir Radiasi Nuklir, Warga Norwegia Diminta Siapkan Bunker Era Perang Dingin

Sehingga bangunan bunker haruslah kuat dan dapat dijadikan tempat pengungsian untuk beberapa hari. Bunker juga berperan dalam pengamanan instalasi artileri dari kehancuran.

Berikut lima bunker nuklir terbesar di dunia :

1. Bunker 42 - Rusia

Bunker yang dibangun pada tahun 1951 masa Uni Soviet ini mampu menampung sekitar 600 orang selama kurang lebih 30 hari bila terjadi serangan nuklir.

Fasilitas yang mulai diperkenalkan untuk umum pada tahun 2000 dan dibuka pada tahun 2017 tersebut dapat dicapai menggunakan kereta tengah malam rahasia yang telah disediakan oleh pemerintah.

2. Bunker Gunung Cheyenne - Amerika Serikat
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3438 seconds (11.252#12.26)