5 Bunker Nuklir Terbesar di Dunia, Nomor Terakhir Bisa Menampung 20 Ribu Orang

Jum'at, 20 Januari 2023 - 18:09 WIB
loading...
A A A
Bunker yang terletak di Colorado ini dibuat cukup dalam sekitar 600 meter di bawah tanah. Keunikan yang dimiliki salah satunya adalah 1.000 pegas dan jaringan konektor pipa fleksibel, yang akan menjaga strukturnya tidak bergeser lebih dari 1 inci jika terjadi gempa bumi atau ledakan.

Bunker ini juga mampu bertahan dari ledakan nuklir sebesar 30 megaton. Terdapat pula filter katup yang mencegah masuknya udara yang terkontaminasi radiasi.

Baca juga : Mengenal Bunker Anti-Nuklir Rusia yang Ditempati Vladimir Putin

3. Bunker Dixia Cheng - China

Kota bawah tanah yang dibangun pada 1969 ini bertujuan untuk menampung penduduk Beijing. Diklaim bahwa terdapat sekitar 90 pintu di bunker ini dengan pintu masuk berada di beberapa pertokoan besar dan gedung pemerintahan.

Istimewanya dalam bunker ini terdapat beberapa fasilitas unik seperti restoran, bioskop hingga lahan pertanian. Namun bunker ini sempat ditutup total pada tahun 2008.

4. Bunker Burlington - Inggris

Bunker nuklir terbesar di dunia yang terakhir ini dibangun pada 1950 an dengan luas 35 hektar. Untuk mencapai bunker ini juga memerlukan kereta khusus.

Bangunan yang dapat menampung 4000 orang ini memiliki beberapa fasilitas seperti danau bawah tanah, obat obatan, hingga terdapat sistem telepon.

5. Bunker Sonnenberg - Swiss
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)