Beri Pelajaran AS, Putin Didesak Gunakan Senjata Nuklir yang Melebihi Bom Hiroshima

Selasa, 24 Januari 2023 - 14:38 WIB
loading...
Beri Pelajaran AS, Putin Didesak Gunakan Senjata Nuklir yang Melebihi Bom Hiroshima
Tsar adalah Bom mengerikan inilah yang membuat presiden Amerika Serikat (AS) saat itu, John Fitgerald Kennedy, keder sehingga merintis perjanjian pengendalian senjata kedua negara. FOTO/ DAILY
A A A
MOSCOW - Presiden Rusia Vladimir Putin didesak untuk segera mengeluarkan nuklir untuk beri pelajaran Amerika Serikat dan Sekutunya.



Anggota Parlemen Rusia Andrey menyatakan: "Tidak ada keraguan bahwa ini adalah awal dari Perang Dunia Ketiga."

"Ini hanya bisa diakhiri dengan ancaman langsung yang disuarakan dan disajikan, ancaman konfrontasi nuklir," tambahnya

Tsar adalah Bom mengerikan inilah yang membuat presiden Amerika Serikat (AS) saat itu, John Fitgerald Kennedy, keder sehingga merintis perjanjian pengendalian senjata kedua negara.

Kekuatan bom ini 3.333 kali lipat dari bom nuklir AS yang dijatuhkan di Hiroshima. Bisa dibayangkan betapa mengerikannya jika Tsar Bomba digunakan Rusia dalam perang.

Mengutip New York Times, bom nuklir terbesar di dunia itu telah mengirimkan gelombang kejut melalui lembaga pertahanan Amerika tentang bagaimana seharusnya Amerika Serikat merespons? Apakah Amerika membutuhkan senjata yang lebih besar dan lebih merusak? Apakah bijaksana untuk tidak melakukan apa-apa? Apa cara terbaik untuk melindungi Amerika dari gejolak mematikan dari musuh yang berperang?

Pembuat kebijakan Amerika sekarang menghadapi pertanyaan serupa ketika para pesaing yang berani mengejar sistem pengiriman baru untuk senjata nuklir mereka.

Sebuah studi baru, berdasarkan dokumen yang baru-baru ini dideklasifikasi, menawarkan wawasan tentang bagaimana presiden sebelumnya menyelesaikan dilema yang sebanding.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa debat rahasia tentang apa yang harus dilakukan tentang ledakan bom nuklir Soviet yang belum pernah terjadi sebelumnya telah diakhiri oleh Presiden John F. Kennedy.

Terungkap bahwa Kennedy saat itu memilih tidak hanya untuk mengabaikan seruan militer untuk senjata yang lebih mematikan, tetapi juga untuk mensponsori dan menandatangani perjanjian Timur-Barat yang melarang lebih banyak senjata super.

“Itu berjalan sampai ke puncak,” kata Alex Wellerstein, seorang sejarawan nuklir di Stevens Institute of Technology di Hoboken, New Jersey, dan penulis studi tersebut, mengatakan dalam sebuah wawancara.

"Jelas bahwa Kennedy berada di pagar. Tapi dia memutuskan untuk tidak pergi ke arah bom.”

Andrew Cohen, penulis “Two Days in June: John F. Kennedy and the 48 Hours That Made History", mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Dr Wellerstein mengungkapkan sebuah kisah yang tak terhitung yang menakutkan, serius, dan mencerahkan.

Buku Cohen menjabarkan poros presiden tahun 1963 untuk diplomasi yang membantu membuat perjanjian senjata yang inovatif menjadi mungkin. Dia menambahkan bahwa pengungkapan non-respons yang diperhitungkan Kennedy terhadap keributan yang memaksa menunjukkan kebencian yang mendalam terhadap senjata nuklir.

Daya ledak perangkat Soviet—dijuluki Tsar Bomba, atau Bom Tsar, dan diluncurkan pada 30 Oktober 1961—adalah 50 megaton atau sama dengan 50 juta ton bahan peledak konvensional.

Dalam studinya, yang diterbitkan pada hari Jumat di Buletin Ilmuwan Atom, Dr Wellerstein menunjukkan bahwa Soviet bukan satu-satunya kekuatan nuklir yang memikirkan bahan peledak yang menakjubkan; Amerika Serikat telah lama bersiap secara rahasia untuk menempuh jalan yang sama.

Edward Teller, seorang arsitek bom hidrogen, mengatakan kepada Komisi Energi Atom pada tahun 1954 bahwa pekerjaan sedang dilakukan pada dua bom super, satu 1.000 megaton dan lainnya 10.000 megaton.

Menurut definisi, rencana Amerika untuk senjata yang tidak terpikirkan berfokus pada bom hidrogen, yang pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II muncul pada tingkat sekitar 1.000 kali lebih merusak daripada senjata nuklir yang dijatuhkan di Jepang.

Wellerstein mengutip Edward Teller, arsitek utama bom hidrogen, yang mengumumkan pada pertemuan Komisi Energi Atom tahun 1954 bahwa laboratoriumnya sedang mengerjakan dua desain bom super.

Satu akan menjadi bom 1.000 megaton—atau 20 kali lebih kuat dari pengocok planet yang akan diledakkan oleh Soviet pada tahun 1961. Yang lainnya akan menjadi 10.000 megaton, atau 200 kali lebih merusak.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2916 seconds (0.1#10.140)