Deretan Burung Kicau yang Dulunya Eksis Kini Terancam Punah dan Dilindungi

Selasa, 31 Januari 2023 - 11:19 WIB
loading...
A A A
Anis Kembang merupakan jenis burung kicau yang cukup pintar menirukan suara burung lain dengan suara yang merdu. Burung ini begitu populer sejak sekitar akhir 1990 hingga awal 2000. Anis Kembang termasuk burung berukuran kecil sekitar 16 sampai 18 cm, dengan bulu berwarna hitam, putih, dan cokelat terang.

Burung Anis Kembang tersebar di daerah Nusa Tenggara, Sunda Besar, Malaysia dan Filipina. Kini, jumlahnya di alam pada daerah-daerah tersebut kian berkurang. Penurunan populasi terjadi karena adanya perburuan burung sejak awal 1995 di wilayah Nusa Tenggara. Menurut catatan BirdLife Indonesia, burung anis kembang masih mudah dijumpai di daerah Flores dan Kalimantan.



6. Burung Srigunting
Deretan Burung Kicau yang Dulunya Eksis Kini Terancam Punah dan Dilindungi


Daerah penyebaran burung Srigunting ini mulai dari benua Asia, Afrika dan juga benua Australia. Burung berukuran kecil ini merupakan salah satu burung kicau yang sangat populer di Indonesia.
Daya tariknya terletak pada kemampuan menirukan suara jenis burung lain. Penamaan srigunting sendiri diambil karena bentuk dari ekornya bercabang yang mirip seperti gunting. Makanan burung srigunting adalah serangga, buah-buahan, nektar bunga yang diisapnya.

Kini, keberadaan burung srigunting sudah semakin sulit ditemukan karena perburuan atau migrasi ke tempat lain. Karena itu, perlu upaya pemerintah dan masyarakat terutama pecinta burung untuk melestarikan burung tersebut dengan cara membudidayakannya.

7. Burung Kepodang
Deretan Burung Kicau yang Dulunya Eksis Kini Terancam Punah dan Dilindungi


Burung Kepodang dikenal sebagai burung kicau yang mempunyai bulu yang indah dan selalu tampil cantik, rapi, dan bersih, termasuk dalam membuat sarang. Burung bersuara merdu ini berasal dari daratan China dan penyebarannya mulai dari India, Asia Tenggara, kepulauan Filipina, serta Indonesia yang meliputi Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Kini, status burung satu ini terancam punah akibat perburuan liar di tengah masyarakat. Untuk melindungi populasi burung berwarna kuning ini, pemerintah Jawa Tengah berupaya dalam konservasi dengan mendorong kegiatan penangkaran. Burung kepodang ditetapkan sebagai maskot Jawa Tengah.

Burung ini memiliki karakteristik yang menarik sehingga pemerintah Jawa Tengah menjadikannya sebagai maskot.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3081 seconds (0.1#10.140)