Spesifikasi RPG-7 Rocket, Roket yang dipakai Ukraina untuk Membanting Tank Rusia

Rabu, 01 Februari 2023 - 13:55 WIB
loading...
Spesifikasi RPG-7 Rocket, Roket yang dipakai Ukraina untuk Membanting Tank Rusia
RPG-7 Rocket merupakan salah satu senjata perang milik Ukraina yang berhasil melumpuhkan banyak tank milik Rusia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - RPG-7 Rocket merupakan salah satu senjata perang milik Ukraina yang berhasil melumpuhkan banyak tank milik Rusia . Hal ini dikarenakan senjata ini telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni.

Dikutip dari eurasia times (31/01/2023), Ukraina mempersenjatai Quadcopter Unmanned Aerial Vehicles (UAV) yang tersedia secara komersial dengan hulu ledak dari Rocket Propelled Grenades (RPG) untuk menyerang target darat Rusia.

Dalam upaya penyerangan tersebut, militer Rusia berhasil dipukul mundur karena beberapa kendaraan tank miliknya berhasil dibanting oleh rpg-7 rockets milik Ukraina.

Baca juga : Spesifikasi Rudal S-300 Senjata Terkuat Ukraina yang Dihancurkan Rusia

Lantas seperti apa spesifikasi dari rpg-7 rocket milik ukraina? berikut SINDOnews merangkumnya dalam ulasan di bawah ini.

RPG-7 memiliki bentuk tabung baja smoothbore single-shot yang memiliki diameter 40 millimeter. Bagian tengah laras dilapisi kayu untuk melindungi operator dari panasnya ledakan dan kedua pegangan terletak berdekatan di tengah senjata.

RPG-7 memiliki jangkauan maksimum 920 meter di mana roket dapat meledak. Namun jarak tersebut tidaklah efektif, karena senjata ini hanya mampu menembak secara efektif ketika target berada dalam jarak 200 meter saja.

Pada jarak tersebut para penembak akan memiliki peluang sekitar 50% untuk mencapai target 5 kali 2,5 meter yang bergerak perlahan.

Berat keseluruhan senjata adalah 13 Kg serta memiliki panjang keseluruhan 950mm (37,4 inci) yang membuat senjata ini sangatlah ringan dan ringkas untuk dibawa.

Baca juga : Spesifikasi Rudal Jelajah Penghindar Radar Kh 101, Senjata Andalan Rusia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)