Dipasok GLSD, Ukraina Siap Bom Rusia dari Penjuru Arah

Minggu, 05 Februari 2023 - 16:14 WIB
loading...
Dipasok GLSD, Ukraina Siap Bom Rusia dari Penjuru Arah
Bom GLSDB mulai dikirim ke Ukraina. FOTO/ REUTRS
A A A
KIEV - Pentagon secara resmi mengkonfirmasi bahwa Amerika Serikat (AS) akan memasok roket baru yang mampu meningkatkan jangkauan serangan balik Ukraina dalam perangnya dengan Rusia.



Juru bicara Pentagon, Jenderal Patrick Ryder mengatakan, roket baru itu akan dimasukkan dalam paket bantuan militer senilai USD2,17 miliar.

Seperi dilansir dari Reuters, senjata itu, yang dikenal sebagai Ground Launched Small Diameter Bomb (GLSDB), memungkinkan militer Ukraina mencapai target dua kali lebih jauh dari peluncur roket HIMARS yang sebelumnya dipasok AS.

Dengan jangkauan 151 kilometer (km), GLSDB mampu menargetkan semua jalur pasokan Rusia di timur Ukraina dalam jangkauan, serta bagian Krimea, yang dianeksasi Moskow pada 2014.

Menurut Ryder, sebagai bagian dari paket Prakarsa Bantuan Keamanan Ukraina (USAI), AS akan memasok GLSDB ke Ukraina.

Komitmen paket bantuan membuka lebih banyak ruang untuk pengiriman GLSDB.

GLSDB adalah sebuah sistem rudal udara-ke-darat yang dikembangkan oleh Amerika Serikat. Rudal ini dirancang untuk diluncurkan dari platform darat dan mampu melakukan serangan presisi terhadap berbagai target, termasuk benteng musuh, kendaraan, dan personil.

Diameter kecil dari rudal memungkinkan untuk mobilitas yang lebih tinggi dan lingkup target yang lebih luas, dan sistem pemanduannya memungkinkan akurasi tinggi dan kerusakan samping yang minimal.

GLSDB adalah bagian dari upaya Amerika Serikat untuk memodernisasi militernya dan meningkatkan kemampuannya untuk merespons cepat dan operasi multi-domain.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)