Mengenal Unmanned Underwater Vehicles, Kendaraan Bawah Laut yang Serba Guna

Senin, 13 Februari 2023 - 19:35 WIB
loading...
Mengenal Unmanned Underwater Vehicles, Kendaraan Bawah Laut yang Serba Guna
Unmanned Underwater Vehicles (UUV) merupakan kendaraan bawah air tanpa awak yang dapat dikendalikan dalam jarak tertentu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Unmanned Underwater Vehicles (UUV) merupakan kendaraan bawah air tanpa awak yang dapat dikendalikan dalam jarak tertentu. UUV dikenal sebagai kendaraan berteknologi tinggi yang biasanya digunakan untuk kegiatan militer atau penelitian.

Menurut Parangtritis Geomaritme Science Park, pada tahun 2019 sempat ditemukan tiga seaglider atau Unmanned Underwater Vehicles (UUV) di perairan Indonesia.

Hal tersebut terulang di tahun 2020 ketika ditemukan UUV oleh nelayan di kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Baca juga : Temuan Drone Bawah Laut Ancaman Serius Pertahanan RI

Ditemukannya UUV di wilayah perairan Indonesia ini diduga merupakan perbuatan dari negara asing yang menginginkan informasi atau mengeksploitasi Sumber Daya Alam Indonesia.

Inspirasi pembentukan UUV ini bermula ketika munculnya kapal kapal listrik milik Jerman di Perang Dunia I. Kapal tersebut dilengkapi dengan peledak yang kemudian diarahkan pada kapal berukuran besar milik musuh.

Namun kini pembuatan UUV ini lebih diutamakan untuk pengukuran parameter oseanografi jangka panjang yang berkelanjutan sehingga berguna untuk kepentingan penelitian ataupun pertahanan.

Fungsi tersebut sangat berguna lantaran teknologi penginderaan jauh seperti satelit tidak dapat diandalkan bila di dalam air.

UUV memiliki kemampuan yang dapat mengambil data Multibeam dan Side Scan Sonar. Data yang didapatkan nantinya dapat digunakan untuk kepentingan pemetaan laut, kepentingan industri kelautan, dan juga untuk kepentingan militer, seperti untuk membuat kapal selam.

Baca juga : Tidak Hanya China, Ini Negara yang Mengembangkan Drone Bawah Laut
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)