Ular Ternyata Tidak Tuli, Mampu Tangkap Suara Teriakan Manusia

Rabu, 15 Februari 2023 - 14:52 WIB
loading...
A A A
“Secara umum, lebih baik jika seekor ular menyadari keberadaan Anda. Untuk membuat keberadaan Anda diketahui bisa dilakukan dengan langkah kaki yang keras melalui semak-semak. Berbicara juga bisa menjadi bagian dari repertoar untuk memberi tahu ular bahwa Anda sedang mendekat,” kata Dr Christina Zdenek.

Sebagian besar ular menunjukkan jenis perilaku yang sangat berbeda dalam merespons suara yang didengar. Woma python (Aspidites ramsayi), ular tidak berbisa yang ditemukan di seluruh pedalaman gersang Australia, secara signifikan meningkatkan gerakan sebagai respons terhadap suara dan mendekatinya.
Ular Ternyata Tidak Tuli, Mampu Tangkap Suara Teriakan Manusia


Mereka menunjukkan perilaku menarik yang disebut "periscoping". Ular ini mengangkat sepertiga bagian depan tubuhnya sebagai cara untuk menunjukkan keingintahuan.



Sebaliknya, tiga genera lainnya, Acanthophis (beludak Australia), Oxyuranus (taipan), dan Pseudonaja (ular coklat), lebih cenderung menjauh dari suara, Reaksi ini menandakan perilaku penghindaran sumber suara.

Bagi ular beludak Australia yang dikenal sebagai predator penyergap, reaksi ini cukup masuk akal. Mereka tidak dapat bergerak dengan cepat, jadi memilih menghindari suara untuk bertahan hidup dari risiko diinjak vertebrata besar.

“Ular sangat rentan, makhluk pemalu yang sering bersembunyi dan kita masih harus banyak belajar tentang mereka,” tambah Dr Christina Zdenek.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)