Spesifikasi dan Kecanggihan Kapal Induk Sao Paulo A12 Kebanggaan Brazil

Jum'at, 24 Februari 2023 - 17:33 WIB
loading...
Spesifikasi dan Kecanggihan Kapal Induk Sao Paulo A12 Kebanggaan Brazil
Kecanggihan kapal induk sao paulo a12 kebanggaan Brazil menarik untuk dibahas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kecanggihan kapal induk sao paulo a12 kebanggaan Brazil menarik untuk dibahas. Sao Paulo yang dahulunya bernama Foch merupakan kapal induk kelas Clemenceau yang dibeli oleh Brazil pada tahun 2000 seharga USD12 juta ke Prancis.

Pada tahun 2017, Angkatan Laut Brazil mengumumkan tentang demobilisasi dan penonaktifan kapal ini. Hal ini dikarenakan Sao Paulo memiliki masalah yang cukup serius dan jarang beroperasi.

Meski begitu, kapal induk Sao Paulo pernah menjadi andalan dan kebanggan Angkatan Laut Brazil karena berbagai kecanggihan yang dimilikinya.

Airwing Sao Paulo telah memiliki kapasitas untuk membawa lebih dari 40 pesawat, termasuk 22 jet dan 17 helikopter miliknya.

Baca juga : Inilah Spesifikasi dan Kecanggihan Kapal Induk Drone Pertama China

Sistem tenaga gerak Sao Paulo terdiri dari 6 boiler Indret yang menyediakan uap untuk 4 turbin dan menghasilkan 126.000 tenaga kuda yang digerakan oleh dua baling-baling.

Sehingga Kapal ini dapat mencapai kecepatan maksimum 32 knot dengan jangkauan operasi hingga 7.500 mil laut serta memiliki kecepatan hingga 18 knot (dalam batas aman).

Dalam sistem elektroniknya, Sao Paulo juga dilengkapi dengan peralatan peperangan dan umpan elektronik termasuk radar penjaga udara DRBV-23B, radar penjaga ketinggian rendah DRBV-15.

Beberapa radar lain juga telah dipasang khususnya untuk menghindari musuh yang berusaha mendekatinya. Kapal ini telah dipasang radar pendekatan NRBA-50, radar penjaga udara tiga dimensi DRBI-10 dan dilengkapi pula dengan beberapa radar navigasi dan radar api.

Baca juga : Spesifikasi Kapal Induk Nuklir USS Abraham Lincoln
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2587 seconds (0.1#10.140)