9 Kecelakaan Kapal Paling Mematikan dalam Sejarah, Nomor 4 Kisahnya Diangkat ke Layar Lebar

Senin, 27 Februari 2023 - 21:29 WIB
loading...
A A A
Kapal itu membawa sekitar 2.224 penumpang ketika menabrak gunung es pada malam 14 April 1912, yang menyebabkan kerusakan yang signifikan pada lambung kapal. Kurangnya sekoci, dikombinasikan dengan waktu tenggelam yang cepat, prosedur evakuasi yang kacau dan perairan Atlantik yang sedingin es, menyebabkan sekitar 1.500 orang tewas.

5. RMS Lusitania (1915)

9 Kecelakaan Kapal Paling Mematikan dalam Sejarah, Nomor 4 Kisahnya Diangkat ke Layar Lebar

RMS Lusitania awalnya adalah kapal penumpang, tetapi telah diubah sebagai kapal penjelajah niaga ringan saat pecahnya perang pada tahun 1914. Pada tahun 1915, peperangan angkatan laut di Atlantik semakin intensif, setelah Jerman telah menyatakan laut di sekitar Inggris sebagai zona perang dan memperingatkan akan menembaki kapal mana pun yang ditemui.



Pada tanggal 7 Mei 1915, RMS Lusitania ditorpedo di lepas pantai Irlandia saat membawa penumpang dan amunisi dari New York. RMS Lusitania tenggelam dalam 18 menit, menewaskan 1.198 penumpang dan awak. Torpedo dianggap oleh banyak orang telah melanggar aturan perang, mengingat Lusitania tidak bersenjata.

Tenggelamnya RMS Lusitania dipandang sebagai salah satu katalis masuknya Amerika Serikat (AS) ke dalam Perang Dunia Pertama. Sekitar 128 orang Amerika tewas dan menyebabkan kemarahan publik yang meluas. Kemudian AS memasuki perang kurang dari dua tahun kemudian.

6. MV Wilhelm Gustloff (1945)

9 Kecelakaan Kapal Paling Mematikan dalam Sejarah, Nomor 4 Kisahnya Diangkat ke Layar Lebar

MV Wilhelm Gustloff awalnya dibangun sebagai kapal pesiar dalam bagian program Kekuatan Kegembiraan Nazi dan dikomandoi oleh angkatan laut Jerman pada tahun 1939. Selama perang, MV Wilhelm Gustloff adalah barak terapung atau kapal rumah sakit.



Pada tahun 1945, dengan majunya pasukan Soviet, kapal itu mulai mengangkut pengungsi sipil dari Prusia Timur sebagai bagian dari Operasi Hannibal. Mungkin tidak mengherankan, kapal itu dibanjiri oleh para pengungsi yang putus asa yang berharap bisa selamat.

Ketika berangkat dari Gotenhafen di Polandia pada tanggal 30 Januari 1945, diperkirakan membawa sekitar 10.000 orang, 5 kali kapasitas yang ditetapkan. Pada malam yang sama, tiga torpedo Soviet menghantam kapal, menyebabkan kerusakan parah.

Suhu yang membeku memperumit upaya untuk mengevakuasi kapal, meskipun nakhoda kapal berhasil mengirimkan sinyal marabahaya. MV Wilhelm Gustloff tenggelam kira-kira satu jam setelah terkena torpedo, menewaskan lebih dari 9.000 orang di dalamnya. Ini menjadi satu-satunya insiden maritim paling mematikan dalam sejarah.

7. MV Goya (1945)

9 Kecelakaan Kapal Paling Mematikan dalam Sejarah, Nomor 4 Kisahnya Diangkat ke Layar Lebar

Dibangun di Norwegia sebagai kapal barang pada tahun 1940, MV Goya disita oleh Nazi ketika menduduki Norwegia. Pada tahun 1945, kapal itu digunakan sebagai kapal penumpang untuk mengevakuasi warga sipil sebagai bagian dari Operasi Hannibal, dan akibatnya menjadi terlalu penuh sesak.



Meninggalkan pelabuhan pada 16 April 1945, MV Goya membawa lebih dari 7.000 penumpang, lebih dari 5 kali lipat dari kemampuannya. MV Goya ditorpedo oleh kapal selam Soviet sebelum tengah malam, dan tenggelam dalam hitungan menit, menewaskan sebagian besar penumpang yang sedang tidur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)