Badai Matahari Dahsyat Tunda Peluncuran SpaceX, Operasi Rig Minyak Kanada Terhenti

Rabu, 01 Maret 2023 - 07:37 WIB
loading...
A A A
“Saya telah menjadi ahli geologi sumur selama hampir 30 tahun, dan tadi malam/pagi ini adalah pertama kalinya kami menghentikan sementara operasi pengeboran karena badai matahari. Peralatan elektronik pada mata bor untuk penunjuk arah tidak dapat bekerja akibar gangguan badai matahari," kata Mason dalam postingan tersebut.

Badai matahari juga melahirkan pesta pertunjukan aurora (aurora-palooza) di seluruh Amerika Utara dan Eropa, dengan penampakan yang dilaporkan dari South Dakota, Wisconsin, dan bahkan California. Pemburu aurora yang berdedikasi juga berhasil memotret kedatangan cahaya kutub selatan di atas kota besar paling barat Australia, Perth.



Menurut otoritas cuaca antariksa Inggris, Met Office, gangguan badai geomagnetik saat ini diperkirakan akan mereda dalam beberapa hari mendatang. Bintik matahari besar, yang disebut AR3234, masih menghadap Bumi, dan satu lagi muncul di timur laut matahari, sehingga berpotensi menghadirkan beberapa badai susulan, “Sebagian besar (badai) kecil, dapat muncul,” kata Met Office.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2747 seconds (0.1#10.140)