Harta Karun Bizantium Ditemukan Tak Sengaja, Ada Koin Emas Islam dan Anting Berlapis Permata

Kamis, 02 Maret 2023 - 21:07 WIB
loading...
Harta Karun Bizantium Ditemukan Tak Sengaja, Ada Koin Emas Islam dan Anting Berlapis Permata
Harta karun berusia 800 tahun diperkirakan berasal dari era Bizantium ditemukan tak sengaja oleh seorang peserta pelatihan detektor logam di Schleswig-Holstein, Jerman. Foto/AHLS/Live Science
A A A
BERLIN - Harta karun berusia 800 tahun diperkirakan berasal dari era Bizantium ditemukan tak sengaja oleh seorang peserta pelatihan detektor logam di Schleswig-Holstein, Jerman. Harta karun yang ditemukan berupa anting-anting Bizantium dan koin berkaligrafi Islam di situs kota perdagangan Viking di Jerman.

Para pendeteksi menemukan timbunan itu ketika berjalan di sepetak tanah yang sedang dipelajari menggunakan detektor logam. Mereka melaporkan temuan tersebut ke Departemen Arkeologi Negara Bagian Schleswig-Holstein (ALSH)

Tim arkeolog kemudian menggali situs tersebut dan mengungkap banyak harta karun berupa koleksi artefak berharga yang mempesona dari perak dan emas. Ada juga potongan tekstil yang diawetkan yang menempel pada benda berharga itu.



“Timbunan itu terdiri dari dua anting-anting emas berkualitas sangat tinggi dengan batu semi mulia, bros pseudo-koin berlapis emas, dua cincin jari bertabur batu berlapis emas, pecahan cincin, cakram kecil berlubang yang sebelumnya berlapis emas, bros cincin, dan sekitar 30 koin perak. Beberapa di antaranya sangat terfragmentasi,” kata Ulf Ickerodt, Drektur ALSH kepada Live Science, Kamis (2/3/2023).

Selama beberapa dekade, arkeolog amatir dan profesional telah bekerja sama untuk menyelidiki wilayah Schleswig-Holstein, khususnya situs warisan dunia UNESCO Haithabu. Dikenal sebagai Hedeby dalam bahasa Denmark, situs itu adalah kota Nordik terbesar kedua dan penting bagi Viking antara abad kedelapan dan ke-11.

Haithabu dihancurkan dan ditinggalkan sekitar tahun 1066, mengakhiri era Viking di wilayah tersebut. Namun, satu atau dua abad kemudian seseorang dengan sengaja mengubur tas berisi barang berharga di dekatnya. Mungkin barang yang paling luar biasa dalam timbunan itu adalah dua anting-anting.
Harta Karun Bizantium Ditemukan Tak Sengaja, Ada Koin Emas Islam dan Anting Berlapis Permata


“Mereka mungkin berasal dari waktu sekitar dan setelah 1100 dan merupakan tradisi pandai emas Bizantium," kata Ickerodt. Timbunan itu juga berisi tiruan koin Islam, dinar emas Almohad yang telah dibuat menjadi bros.



Kekhalifahan Almohad adalah dinasti Muslim yang memerintah Spanyol selatan dan Afrika utara antara abad ke-12 dan ke-13. Ditemukan juga 30 koin perak, dicetak pada masa Raja Denmark Valdemar II, menunjukkan bahwa timbunan itu dikubur beberapa waktu setelah tahun 1234.

Kombinasi koin Denmark dan perhiasan Mediterania barat sangat menarik dan mengisyaratkan sifat kosmopolitan daerah tersebut. “Koin Islam terkenal di Skandinavia selatan antara abad ke-9 dan ke-11," kata Marjanko Pilekić, seorang ahli numismatis di Jerman.

Penemuan timbunan jarang terjadi di Schleswig-Holstein, dan tidak jelas apakah barang-barang ini milik pribadi atau dicuri, apakah dimaksudkan untuk dikirim ke orang lain, atau dikuburkan karena alasan ritual. “Timbunan itu pasti tidak diletakkan secara kebetulan,” kata Ickerodt.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4042 seconds (0.1#10.140)