Penunggang Kuda Pertama di Dunia Sudah Menjelajah Eropa 5.000 Tahun Lalu

Senin, 06 Maret 2023 - 20:44 WIB
loading...
Penunggang Kuda Pertama di Dunia Sudah Menjelajah Eropa 5.000 Tahun Lalu
Penunggang kuda pertama di dunia diperkirakan sudah menjelajah padang rumput yang terbentang dari Eropa sampai Asia 5.000 tahun lalu. Foto/Live Science
A A A
SOFIA - Penunggang kuda pertama di dunia diperkirakan sudah menjelajah padang rumput yang terbentang dari Eropa sampai Asia 5.000 tahun lalu. Penunggang kuno adalah bagian budaya Yamnaya, kelompok orang semi-nomaden yang menjelajahi wilayah Eropa dan Asia Barat.

Analisa ini diungkapkan para arkeolog berdasarkan penemuan dari 217 kerangka manusia dari stepa Pontic-Caspian, wilayah geografis yang membentang dari Bulgaria ke Kazakhstan. Ini menjadi jawaban selama beberapa dekade, ketika para peneliti memperdebatkan kapan kuda dijinakkan.

Di Kazakhstan, kerangka kuda berusia 5.000 tahun menunjukkan keausan pada gigi yang diperkirakan berasal dari tali kekang. Sementara yang lain menemukan kemungkinan dari tali kandang berpagar.



Pada periode waktu yang sama, peptida susu kuda telah terdeteksi di plak gigi orang-orang dari Rusia. Yang penting, ledakan geografis budaya Yamnaya, sejauh 4.500 kilometer hanya dalam satu atau dua abad, menunjukkan bahwa kuda mungkin telah membantu sebagai hewan transportasi.

Tetapi tidak ada bukti langsung bahwa budaya Yamnaya memelihara kuda secara teratur. Untuk itu, arkeolog Martin Trautmann dari Universitas Helsinki di Finlandia dan rekan-rekannya mengumpulkan data tentang enam ciri kerangka diagnostik yang secara kolektif disebut "sindrom menunggang kuda".

Karena tulang adalah jaringan hidup, maka akan merespons tekanan yang diberikan padanya karena tubuh manusia beradaptasi. Menunggang kuda secara konsisten dapat menyebabkan trauma dan degenerasi tulang belakang, tetapi juga dapat mengakibatkan perubahan yang lebih halus pada tulang kaki dan pinggul.
Penunggang Kuda Pertama di Dunia Sudah Menjelajah Eropa 5.000 Tahun Lalu


Dalam kerangka dari 39 lokasi di seluruh Eropa Timur, Trautmann dan rekannya menemukan bahwa dua lusin kerangka memiliki setidaknya setengah dari ciri-ciri sindrom menunggang kuda. Namun, mereka paling yakin tentang identifikasi lima individu budaya Yamnaya yang berasal dari tempat yang sekarang disebut Rumania, Bulgaria, dan Hongaria sebagai kemungkinan penunggang kuda.



“Temuan kami memberikan argumen kuat bahwa menunggang kuda sudah menjadi aktivitas umum bagi beberapa individu Yamnaya sejak 3000 SM,” tulis mereka dalam makalah yang diterbitkan di Scientific Advances pada Jumat 3 Maret 2023.

Sebagian besar kerangka berada dalam kondisi yang sangat buruk sehingga keahlian menunggang kuda tidak dapat dianalisis. Mempertimbangkan hal itu, bagaimanapun, “kami menduga bahwa lebih dari 30% laki-laki Yamnaya dewasa sering menunggang kuda,” kata Trautmann kepada Live Science, Senin (6/3/2023).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)