Jum'at, 17 Maret 2023 - 07:43 WIB
Makhluk Laut Ini Sulap Kapal Karam Jadi Terumbu Karang Buatan
Kapal karam SS Thistlegorm yang jadi terumbu karang buatan dengan beragam biota laut. Foto: Shutterstock
AMERIKA - Hanya dalam delapan tahun, kapal karam SS Thistlegorm berubah jadi terumbu karang yang kaya dengan biota laut dan Jadi tempat berkumpulnya puluhan spesies berbeda. Ilmuwan melakukan penelitian khusus terhadap hal ini.

Tim peneliti University of Bologna di Italia meminta bantuan penyelam untuk memeriksa organisme yang hidup di bangkai kapal. Ini penting, sebab pengetahuan tentang terumbu karang buatan seperti ini sangat diperlukan.

Sebab, nantinya terumbu karang buatan bisa diperbanyak untuk meningkatkan keanekaragaman hayati laut di masa depan.

“SS Thistlegorm memberi contoh meyakinkan bagaimana terumbu karang buatan dapat mempertahankan struktur komunitas yang mapan mirip terumbu alami,” tulis para peneliti, seperti dilansir dari Science Alert.

Tentu saja, SS Thistlegorm bukan satu-satunya bangkai kapal diambil alih oleh kehidupan laut. Namun, penelitian bagaimana hal tersebut bisa terbentuk sangat penting.

Makhluk Laut Ini Sulap Kapal Karam Jadi Terumbu Karang Buatan

Faktanya, terumbu buatan cenderung mencerminkan terumbu alami besar yang berada di dekatnya. Jenis biota laut yang umum ditemukan antara lain jenis karang pohon lunak, belut moray raksasa, ikan tupai, ikan kelelawar punggung bungkuk, ikan bersirip pari dari famili Carangidae, ikan badut Laut Merah, dan ikan Napoleon wrasse.

Dari hasil penelitian, populasi berbagai organisme laut ini tampaknya cukup stabil karena musim dan suhu air.

Para ilmuwan berpikir bahwa terumbu buatan berpotensi meredakan beberapa tekanan yang terjadi pada terumbu alami. Mungkin hal ini juga menjadi cara untuk melindungi beberapa spesies yang bergantung pada terumbu karang karena perubahan iklim terus mempengaruhi lautan.

Bangkai kapal SS Thistlegorm sendiri berada di perairan yang lebih dalam dan lebih sejuk dibanding dengan terumbu karang besar di dekatnya. Itu berarti terumbu buatan yang mereka ciptakan mungkin memiliki posisi yang lebih baik.

Kapal SS Thistlegorm adalah kapal uap kargo Inggris yang dibangun pada 1940. Kapal ini ditenggelamkan oleh pesawat pembom Jerman pada 1941. Akhirnya SS Thistlegorm tenggelam dan bertahan lamadiLautMerah.