Tank T-80 dan T-90 Rusia Dibekali Perlindungan Radar Berkecepatan Tinggi Arena-M APS

Jum'at, 07 April 2023 - 18:47 WIB
loading...
Tank T-80 dan T-90 Rusia Dibekali Perlindungan Radar Berkecepatan Tinggi Arena-M APS
Rusia membekali tank tempur utama T-80 dan T-90 dengan radar berkecepatan tinggi Arema-M active protection system (APS) sebagai perlindungan. Foto/Russian MoD/Telegram
A A A
MOSKOW - Rusia membekali tank tempur utama T-80 dan T-90 dengan radar berkecepatan tinggi Arena-M active protection system (APS) sebagai perlindungan. Langkah ini diambil untuk mencegah tank terbaru Rusia dengan teknologi tinggi hancur atau direbut lawan.

Untuk tujuan ini, holding Vysokotochnye Kompleksy (Sistem Presisi Tinggi atau High Precision Systems/HPS) telah melakukan pengujian sistem proteksi aktif (APS) baru pada tank T-72. HPS adalah bagian dari struktur perusahaan militer Rusia terbesar, Rostec.

Menurut sumber HPS, pelindung tank ini sedang dalam tahap akhir pengadopsian dan integrasi ke dalam tank tempur utama Rusia, T-80 dan seri tank T-90, yang dilengkapi radar berkecepatan tinggi Arena-M. HPS mengatakan tes yang dilakukan dengan dua jenis amunisi, namun tidak dirinci model amunisi yang digunakan.



Prinsip operasi sistem proteksi aktif (APS) diintegrasikan ke dalam radar berkecepatan tinggi baru Arena-M. Tujuannya adalah untuk mendeteksi amunisi musuh yang mendekat. Amunisi yang paling sering digunakan musuh adalah RPG atau ATGM.

“Setelah terdeteksi, sistem perlindungan aktif menembakkan anti-munisi pada ancaman tersebut. Tujuan mereka adalah menghancurkan amunisi musuh sebelum mengenai tank,” tulis laman Bulgarian Military, Jumat (7/4/2023).

Amunisi balasan, juga dikenal sebagai amunisi defensif, dikerahkan saat ancaman mendekat. Mereka digerakkan oleh motor pulsa. Dialah yang menyebabkan anti-amunisi dikerahkan dengan sangat cepat. Penyebaran anti-amunisi yang cepat memberikan perlindungan perimeter di sekitar tank.

Prinsip Kerja Radar Arena-M

Prinsip kerja radar Arena-M APS dalam mode otonom penuh atau tidak perlu operator atau anggota awak tank untuk mengawasi ancaman yang mendekat. Radar berkecepatan tinggi harus aktif pada jarak tertentu untuk mendeteksi amunisi yang datang.



Saat amunisi berada dalam jarak bunuh, anti-munisi Arena-M ditembakkan, meledakkan hulu ledaknya, yang disimpan dalam wadah pelindung. Radar berkecepatan tinggi yang baru sangat penting karena deteksi amunisi musuh yang lebih awal atau tepat waktu bergantung pada kinerjanya.
Tank T-80 dan T-90 Rusia Dibekali Perlindungan Radar Berkecepatan Tinggi Arena-M APS
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5324 seconds (0.1#10.140)