Tank T-80 dan T-90 Rusia Dibekali Perlindungan Radar Berkecepatan Tinggi Arena-M APS

Jum'at, 07 April 2023 - 18:47 WIB
loading...
A A A
Rusia tidak memberikan informasi rinci tentang radar kecepatan tinggi APS yang baru. Versi Arena lama memungkinkan radar dihidupkan secara manual oleh awak tank. Tapi sekarang radar Arena-M mampu beroperasi secara otonom sehingga tidak memerlukan kontrol apa pun.

Radar yang digunakan Arena-M adalah radar Doppler yang terhubung dengan komputer digital dalam tank. Radar Doppler mampu memberikan informasi untuk mengenali jenis amunisi musuh, dan mengerahkan 26 anti-amunisi kerja cepat di APS melalui sistem komputer onboard.

Pilihan anti-munisi hanya bergantung pada informasi radar. Selain jenisnya, radar Arena-M memproses informasi seperti parameter kecepatan proyektil musuh dan kecepatannya. Radar dan komputer merespons dalam 0,05 detik dan melindungi tank lebih dari 300 derajat, di mana saja kecuali bagian belakang turret.



Efektivitas Radar Arena-M

Menurut pernyataan di media Rusia, radar Arena-M APS adalah penanggulangan berkualitas tinggi terhadap rudal anti-tank musuh. Namun pada kenyataannya, belum ada bukti klaim tersebut. Jadi lebih baik untuk mengukur performa Arena-M menunggu laporan dari medan perang Ukraina.
Tank T-80 dan T-90 Rusia Dibekali Perlindungan Radar Berkecepatan Tinggi Arena-M APS


Namun, produk Arena-M pertama telah diuji tahun 1995 pada model tank T-80UM-1 Rusia dan melakukan demonstrasi langsung di depan penonton. Sebuah rudal anti-tank ditembakkan ke tank dan Arena-M berhasil melawan rudal tersebut dan menghancurkannya.

Diperkirakan radar Arena-M APS adalah pengembangan yang bagus dari para insinyur Rusia. Apalagi Korea Selatan tertarik dengan perlindungan untuk tank K2 Black Panther. Meskipun Seoul tidak pernah secara resmi mengonfirmasi informasi ini, namun K2 Black Panther Vysokotochnye Kompleksy menggunakan radar Arena-E APS.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)