Bener-Bener Gokil, Tank T-80 Rusia Enggak Mempan Dibom Drone Ukraina

Senin, 16 Januari 2023 - 16:54 WIB
loading...
Bener-Bener Gokil, Tank T-80 Rusia Enggak Mempan Dibom Drone Ukraina
Satu lagi kejadian langka dan benar-benar gila, tank T-80 Rusia tidak mempan dibom dalam sebuah serangan drone Ukraina. Foto/Tangkapan Layar Youtube/Wikipedia
A A A
MOSKOW - Satu lagi kejadian langka dan benar-benar gila, tank T-80 Rusia tidak mempan dibom dalam sebuah serangan drone Ukraina. Kejadian tersebut terekam jelas dan dibagikan akun media sosial Rusia.

Kejadian langka itu, tentu saja, terjadi di medan perang Ukraina. Namun, dalam rekaman yang beredar luas tersebut tidak dijelaskan kapan serangan itu terjadi dan di daerah mana.

Dalam rekaman terlihat jelas bom dijatuhkan dari drone tepat di atas palka tank T-80 Rusia. Bom jatuh tepat di atas palka tank T-80 dan terlihat ledakan yang cukup besar.

Baca juga; Tank T-90M Rusia Bentrok dengan Tank Ukraina, 3 Lawan 2 dalam Jarak 500 Meter

Namun, ledakan bom gagal menembus lapis baja turret T-80 atau merusak tank. Uniknya, beberapa detik kemudian, tank T-80 malah melepaskan tembakan sambil bergerak mundur.

“Terlihat jelas tidak ada kerusakan pada turret tank T-80 dan secara keseluruhan tank dalam kondisi baik,” tulis laman Bulgarian Military, Senin (16/1/2023).

Rekaman ini menarik, bukan karena kegagalan bom drone Ukraina menghancurkan tank T-80 Rusia. Hal utama yang jadi perhatian adalah lapis baja tank T-80 yang mampu menetralisir bom serangan drone Ukraina.

Diketahui pada bulan Agustus 2022, Rusia memulai modernisasi tank T-80 dengan mengganti kubus lapis baja reaktif Kontakt 1 dengan pengembangan terbaru yaitu lapis baja reaktif Relikt. Jadi tank T-80 sudah ditingkatkan ke level T-80BVM, yang berarti memiliki sistem perlindungan awak baru, sistem pemadam kebakaran dan komunikasi baru.

Baca juga; Tank T-84 Oplot yang Langka Muncul di Ukraina, Dipersenjatai Meriam 125 MM dan 46 Peluru

Peristiwa ini bisa dikatakan salah satu kejadian langka sejak awal perang yang menunjukkan kegagalan serangan bom terhadap tank milik Rusia. Padahal, biasanya serangan bom dari drone Ukraina yang diarahkan ke palka mampu menembus pelindung turret tank.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2845 seconds (11.97#12.26)