Tank T-80 dan T-90 Rusia Dibekali Perlindungan Radar Berkecepatan Tinggi Arena-M APS

Jum'at, 07 April 2023 - 18:47 WIB
loading...
Tank T-80 dan T-90 Rusia Dibekali Perlindungan Radar Berkecepatan Tinggi Arena-M APS
Rusia membekali tank tempur utama T-80 dan T-90 dengan radar berkecepatan tinggi Arema-M active protection system (APS) sebagai perlindungan. Foto/Russian MoD/Telegram
A A A
MOSKOW - Rusia membekali tank tempur utama T-80 dan T-90 dengan radar berkecepatan tinggi Arena-M active protection system (APS) sebagai perlindungan. Langkah ini diambil untuk mencegah tank terbaru Rusia dengan teknologi tinggi hancur atau direbut lawan.

Untuk tujuan ini, holding Vysokotochnye Kompleksy (Sistem Presisi Tinggi atau High Precision Systems/HPS) telah melakukan pengujian sistem proteksi aktif (APS) baru pada tank T-72. HPS adalah bagian dari struktur perusahaan militer Rusia terbesar, Rostec.

Menurut sumber HPS, pelindung tank ini sedang dalam tahap akhir pengadopsian dan integrasi ke dalam tank tempur utama Rusia, T-80 dan seri tank T-90, yang dilengkapi radar berkecepatan tinggi Arena-M. HPS mengatakan tes yang dilakukan dengan dua jenis amunisi, namun tidak dirinci model amunisi yang digunakan.



Prinsip operasi sistem proteksi aktif (APS) diintegrasikan ke dalam radar berkecepatan tinggi baru Arena-M. Tujuannya adalah untuk mendeteksi amunisi musuh yang mendekat. Amunisi yang paling sering digunakan musuh adalah RPG atau ATGM.

“Setelah terdeteksi, sistem perlindungan aktif menembakkan anti-munisi pada ancaman tersebut. Tujuan mereka adalah menghancurkan amunisi musuh sebelum mengenai tank,” tulis laman Bulgarian Military, Jumat (7/4/2023).

Amunisi balasan, juga dikenal sebagai amunisi defensif, dikerahkan saat ancaman mendekat. Mereka digerakkan oleh motor pulsa. Dialah yang menyebabkan anti-amunisi dikerahkan dengan sangat cepat. Penyebaran anti-amunisi yang cepat memberikan perlindungan perimeter di sekitar tank.

Prinsip Kerja Radar Arena-M

Prinsip kerja radar Arena-M APS dalam mode otonom penuh atau tidak perlu operator atau anggota awak tank untuk mengawasi ancaman yang mendekat. Radar berkecepatan tinggi harus aktif pada jarak tertentu untuk mendeteksi amunisi yang datang.



Saat amunisi berada dalam jarak bunuh, anti-munisi Arena-M ditembakkan, meledakkan hulu ledaknya, yang disimpan dalam wadah pelindung. Radar berkecepatan tinggi yang baru sangat penting karena deteksi amunisi musuh yang lebih awal atau tepat waktu bergantung pada kinerjanya.
Tank T-80 dan T-90 Rusia Dibekali Perlindungan Radar Berkecepatan Tinggi Arena-M APS


Rusia tidak memberikan informasi rinci tentang radar kecepatan tinggi APS yang baru. Versi Arena lama memungkinkan radar dihidupkan secara manual oleh awak tank. Tapi sekarang radar Arena-M mampu beroperasi secara otonom sehingga tidak memerlukan kontrol apa pun.

Radar yang digunakan Arena-M adalah radar Doppler yang terhubung dengan komputer digital dalam tank. Radar Doppler mampu memberikan informasi untuk mengenali jenis amunisi musuh, dan mengerahkan 26 anti-amunisi kerja cepat di APS melalui sistem komputer onboard.

Pilihan anti-munisi hanya bergantung pada informasi radar. Selain jenisnya, radar Arena-M memproses informasi seperti parameter kecepatan proyektil musuh dan kecepatannya. Radar dan komputer merespons dalam 0,05 detik dan melindungi tank lebih dari 300 derajat, di mana saja kecuali bagian belakang turret.



Efektivitas Radar Arena-M

Menurut pernyataan di media Rusia, radar Arena-M APS adalah penanggulangan berkualitas tinggi terhadap rudal anti-tank musuh. Namun pada kenyataannya, belum ada bukti klaim tersebut. Jadi lebih baik untuk mengukur performa Arena-M menunggu laporan dari medan perang Ukraina.
Tank T-80 dan T-90 Rusia Dibekali Perlindungan Radar Berkecepatan Tinggi Arena-M APS


Namun, produk Arena-M pertama telah diuji tahun 1995 pada model tank T-80UM-1 Rusia dan melakukan demonstrasi langsung di depan penonton. Sebuah rudal anti-tank ditembakkan ke tank dan Arena-M berhasil melawan rudal tersebut dan menghancurkannya.

Diperkirakan radar Arena-M APS adalah pengembangan yang bagus dari para insinyur Rusia. Apalagi Korea Selatan tertarik dengan perlindungan untuk tank K2 Black Panther. Meskipun Seoul tidak pernah secara resmi mengonfirmasi informasi ini, namun K2 Black Panther Vysokotochnye Kompleksy menggunakan radar Arena-E APS.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)