3 Kelebihan Niobium Radar Milik Rusia, Bisa Deteksi Target hingga Jarak 500 Km

Selasa, 11 April 2023 - 12:28 WIB
loading...
3 Kelebihan Niobium Radar Milik Rusia, Bisa Deteksi Target hingga Jarak 500 Km
Rusia menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Rusia menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di dunia. Statusnya ini membuatnya cukup disegani negara-negara lain, termasuk para rivalnya.

Tak hanya kekuatan tentaranya, mereka juga memiliki sederet persenjataan canggih yang mendukung daya tempurnya. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Radar Niobium yang memiliki julukan ‘Sky Scanner’.

Terbaru, kabarnya Niobium Radar ini juga digunakan Rusia dalam perangnya dengan Ukraina. Mengutip laman EurAsian Times, Selasa (11/4/2023), beberapa waktu lalu pejabat militer Moskow mengungkap pengerahan Niobium di Kiev saat acara Hari Pasukan Pertahanan Udara Rusia.



Lantas, seperti apakah kehebatan dari Radar Niobium milik Rusia ini? Berikut deretan kelebihan yang dimilikinya!

Kelebihan Niobium Radar Rusia

1. Bisa Mendeteksi Banyak Target

Pada julukannya, Niobium Radar ini dikenal sebagai Sky Scanner atau Pemindai Langit. Bukan tanpa alasan, penyebutan tersebut didasarkan atas kemampuannya yang memang cukup handal saat digunakan sebagai penjaga pertahanan udara Rusia.

Radar ini diklaim bisa mendeteksi berbagai target musuh di udara. Sebut saja seperti pesawat terbang, helikopter, drone, rudal balistik, hingga roket MLRS sekalipun.


2. Memiliki Daya Jangkau Jauh

Komandan stasiun radar Niobium, Anatoly sebelumnya menyampaikan kepada media lokal Rusia terkait cara kerja dan kelebihan dari Niobium Radar. Dengan banyak varian target yang bisa dideteksi, alat tersebut juga memiliki daya jangkau jauh.

Sebuah senjata pertahanan udara ditugaskan untuk menggagalkan serta mengurangi potensi serangan dari musuh. Hal ini bisa dilakukan oleh Niobium Radar dengan kemampuannya.

Singkatnya, Sky Scanner dapat memindai langit atau area udara hingga radius 500 kilometer. Tak sampai disitu saja, daya jangkau tersebut berpadu dengan kemampuan pelacakan ratusan objek dan target potensialnya.

3. Dibekali Teknologi Canggih dan Mudah Digunakan

Niobium Radar dirancang untuk bisa mendeteksi dan melacak target aerodinamis dan balistik. Dengan berbagai teknologi canggih yang dibawakan, sistem tersebut mampu mendeteksi pesawat atau helikopter musuh, serta drone yang sulit dideteksi radar biasa.

Menurut Anatoly, sistem radar ini sangat ergonomis untuk digunakan. Selain itu, dengan penggunaannya yang mudah, pelatihan terhadap awak atau kru Niobium Radar ini juga relatif lebih cepat dan praktis.

Itulah sederet kelebihan dari Niobium Radar milik Rusia yang kabarnya akan segera diterjunkan di Ukraina.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2881 seconds (0.1#10.140)