Satelit Rekam Gunung Berapi Shiveluch di Rusia Meletus Hebat

Rabu, 12 April 2023 - 10:32 WIB
loading...
Satelit Rekam Gunung Berapi Shiveluch di Rusia Meletus Hebat
Gunung berapi Shiveluch di Semenanjung Kamchatka, Rusia timur, meletus hebat, Selasa 11 April 2023 malam. Foto/NASA
A A A
MOSKOW - Gunung berapi Shiveluch di Semenanjung Kamchatka, Rusia timur, meletus hebat, Selasa 11 April 2023 malam. Salah satu gunung berapi paling aktif di Rusia baru saja meletus hebat, menciptakan gumpalan abu dan debu yang terlihat dari luar angkasa.

Reuters melaporkan awan abu yang tercipta menyebar ke wilayah seluas 108.000 kilometer persegi atau yang terbesar dalam 60 tahun. Awan puing dari letusan gunung Shiveluch mendorong pemberitahuan keselamatan penerbangan agar pesawat tidak melintas.

Awan abu juga menutupi desa-desa di seluruh wilayah tersebut dengan ketebalan abu sekitar 8,5 cm. Saat gunung berapi meletus, satelit cuaca mengamati dari orbit, mengumpulkan data yang dapat membantu memvisualisasikan penyebaran awan abu di seluruh timur jauh Rusia.



Satelit HIMAWARI-9 yang dioperasikan oleh Badan Meteorologi Jepang, menangkap timelapse menakjubkan yang menunjukkan abu naik ke ketinggian 18 km saat mengalir ke selatan melintasi semenanjung. Pandangan lain HIMAWARI-9 memvisualisasikan penyebaran sulfur dioksida saat mengalir dari gunung berapi.

Gas berbau busuk ini dihasilkan oleh aktivitas gunung berapi dan dapat menjadi racun dalam konsentrasi tinggi. Untungnya, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat letusan tersebut, dan tidak ada pemberitahuan evakuasi yang dikeluarkan, meski menyebabkan pemadaman listrik dan penutupan sekolah di seluruh semenanjung Kamchatka.
Satelit Rekam Gunung Berapi Shiveluch di Rusia Meletus Hebat


Gung berapi Shiveluch adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan telah meletus terus menerus sejak tahun 1999. Biasanya letusannya tidak sekeras ledakan minggu ini.



Semenanjung Kamchatka di timur jauh Rusia membentang ke selatan menuju Samudra Pasifik Utara dan merupakan salah satu area dengan aktivitas panas bumi paling terkonsentrasi di dunia. Ada 160 gunung berapi di wilayah tersebut, dengan 29 di antaranya diyakini aktif saat ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)