Pertahanan Elektronik Jet Tempur F-16 Makin Tangguh dengan Teknologi Canggih IVEWS

Senin, 17 April 2023 - 21:15 WIB
loading...
Pertahanan Elektronik Jet Tempur F-16 Makin Tangguh dengan Teknologi Canggih IVEWS
Sistem pertahanan elektronik jet tempur F-16 Fighting Falcon semakin tangguh setelah dibekali perangkat canggih AN/ALQ-257 Integrated Viper Electronic Warfare Suite (IVEWS). Foto/Northrop Grumman/NewAtlas
A A A
WASHINGTON - Sistem pertahanan elektronik jet tempur F-16 Fighting Falcon semakin tangguh setelah dibekali perangkat canggih AN/ALQ-257 Integrated Viper Electronic Warfare Suite (IVEWS). Dioperasikan secara digital, sistem pertahanan elektronik IVEWS memberikan keunggulan yang signifikan.

Northrop Grumman membenamkan perangkat canggih IVEWS untuk melindungi pesawat tempur F-16 dari ancaman elektronik modern. Perangkat IVEWS telah diuji melawan serangkaian serangan dari Laboratory Intelligence Validated Emulator (LIVE) testing system Angkatan Udara AS.

IVEWS adalah sistem yang sepenuhnya digital berdasarkan desain yang aman, modular, dan terbuka untuk dapat menangani serangan elektronik. Sistem ini bekerja dengan cepat melintasi pita spektrum elektromagnetik ultra lebar, yang datang dari segala arah.



Untuk menguji keefektifannya, para insinyur menghubungkan IVEWS ke sistem LIVE. Selama pengujian, pulsa radar pertahanan udara yang disimulasikan disuntikkan langsung ke IVEWS untuk memverifikasi kemampuan mengenali dan melawan ancaman tingkat lanjut.

“Ancaman serangan frekuensi radio canggih terus berkembang biak, sehingga perlindungan yang diberikan oleh IVEWS sangat penting,” kata James Conroy, wakil presiden, navigasi, penargetan, dan kemampuan bertahan, Northrop Grumman dikutip dari laman NewAtlas, Senin (17/4/2023).
Pertahanan Elektronik Jet Tempur F-16 Makin Tangguh dengan Teknologi Canggih IVEWS


Teknologi IVEWS memungkinkan cakupan frekuensi yang diperluas, cakupan spasial penuh, dan respons yang lebih cepat. Menampilkan amplifier daya broadband yang sangat efisien dan modulasi penanggulangan adaptif, dirancang untuk mendeteksi, mengidentifikasi, menemukan, dan mengalahkan sensor dan senjata generasi berikutnya.



Teknologi IVEWS menyediakan sistem pertempuran elektronik generasi berikutnya pada jet tempur F-16 yang dipadukan dengan radar Active Electronically Scaned Array (AESA) APG-83 onboard. IVEWS menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan bertahan dan serangan mematikan F-16 terhadap ancaman yang muncul.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)