Bikin Heran Ilmuwan, Satelit Radar Temukan Susunan 19.000 Gunung Berapi Bawah Laut

Sabtu, 29 April 2023 - 21:02 WIB
loading...
Bikin Heran Ilmuwan, Satelit Radar Temukan Susunan 19.000 Gunung Berapi Bawah Laut
Susunan ribuan gunung berapi itu terdeteksi menggunakan satelit radar beresolusi tinggi. Foto/NOAA/Live Science
A A A
SAN DIEGO - Penemuan susunan 19.000 gunung berapi bawah laut membuat heran sekaligus bingung para ilmuwan. Susunan ribuan gunung berapi itu terdeteksi menggunakan satelit radar beresolusi tinggi.

Penemuan ini memberi para ilmuwan katalog gunung bawah laut terlengkap yang pernah dibuat. Ringkasan baru, yang diterbitkan 6 April di jurnal Earth and Space Science, dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang arus laut, lempeng tektonik, dan perubahan iklim.

Sebelumnya, hanya seperempat dasar laut Bumi yang telah dipetakan menggunakan sonar, menggunakan gelombang suara untuk mendeteksi objek yang tersembunyi di bawah air. Sensus sonar tahun 2011 menemukan lebih dari 24.000 gunung bawah laut, atau pegunungan bawah laut yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi.



Namun, menurut artikel Science, ada lebih dari 27.000 gunung laut yang belum dipetakan oleh sonar. “Ini benar-benar membingungkan," kata David Sandwell, ahli geofisika laut di Scripps Institution of Oceanography kepada majalah Science, Sabtu (29/4/2023).

Ringkasan peta baru ini, yang diterbitkan 6 April di jurnal Earth and Space Science, dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang arus laut, lempeng tektonik, dan perubahan iklim. Studi baru ini menunjukkan bahwa para ilmuwan tidak perlu bergantung pada survei sonar untuk menyelidiki apa yang terjadi di bawah laut.

Satelit radar tidak hanya mengukur ketinggian samudra tetapi juga dapat melihat apa yang bersembunyi di kedalaman air, menawarkan representasi topografi dasar laut yang lebih baik. Para ilmuwan menarik data dari beberapa satelit, termasuk CryoSat-2 Badan Antariksa Eropa, dan mendeteksi gundukan bawah air setinggi 1.100 meter yang merupakan batas bawah dari gunung laut.
Bikin Heran Ilmuwan, Satelit Radar Temukan Susunan 19.000 Gunung Berapi Bawah Laut


Dengan teknologi ini, para ilmuwan memperkirakan mereka dapat memperkirakan ketinggian gunung berapi bawah laut kecil dengan akurasi sekitar 1.214 kaki atau 370 meter. Sejauh ini, para peneliti telah memetakan kumpulan gunung bawah laut di Samudra Atlantik timur laut yang dapat membantu menjelaskan evolusi bulu mantel yang memberi makan lebih dari 100 gunung berapi di Islandia.



Peta yang diperbarui ini juga akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang arus laut dan "upwelling", yang terjadi ketika air dari dasar lautan bergolak ke atas ke permukaan. Ini merupakan sebuah fenomena yang menurut para ilmuwan dapat terkonsentrasi pada gunung dan pegunungan laut.

“Ada banyak hal menarik yang terjadi ketika Anda memiliki topografi,” ujar Brian Arbic, ahli kelautan fisik di University of Michigan di Ann Arbor.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)