Cuaca Ekstrem, Vietnam Konfirmasi Suhu Tertinggi 44,1 Derajat Celcius

Selasa, 09 Mei 2023 - 14:52 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem, Vietnam Konfirmasi Suhu Tertinggi 44,1 Derajat Celcius
Vietnam mengonfirmasi suhu tertinggi mencapai 44,1 derajat Celcius pada Sabtu 6 Mei 2023. Foto/vietnamnet
A A A
HANOI - Vietnam mengonfirmasi suhu tertinggi mencapai 44,1 derajat Celcius pada Sabtu 6 Mei 2023. Kenaikan suhu ini melampau rekor temperatur tertinggi yang terjadi pada tahun 2019 sebesar 43,4 derajat Celcius.

Rekor suhu tertinggi yang mencapai 44,1 derajat Celcius diukur di dalam ruangan di stasiun Hoi Xuan di provinsi Thanh Hoa utara. Kenaikan suhu ini melampaui temperatur tertinggi 43,4 derajat Celcius, pada April 2019 di Distrik Huong Khe di Provinsi Ha Tinh tengah.

“Ini adalah catatan yang mengkhawatirkan dalam konteks perubahan iklim dan pemanasan global,” kata ahli perubahan iklim Nguyen Ngoc Huy dikutip SINDOnews dari laman Science Alert, Selasa (9/5/2023).



Pusat Peramalan Meteorologi Hidro Nasional atau BMKG Vietnam mengatakan, pemanasan global semakin memperburuk cuaca. Kenaikan suhu yang memecahkan rekor ini menjadi peringatan cuaca ekstrem seperti itu akan terus berlanjut.

“Saya yakin rekor ini akan terulang berkali-kali. Ini menegaskan bahwa model perubahan iklim yang ekstrem terbukti benar,” lanjut Nguyen Ngoc Huy.

Pada bulan April, negara-negara Asia Tenggara mengalami cuaca panas sehingga mencapai suhu tertinggi. Departemen meteorologi Thailand melaporkan suhu yang menyamai rekor 44,6 derajat Celcius di provinsi Tak Barat.

Sementara media Myanmar mengatakan sebuah kota di timur negara itu melaporkan suhu tertinggi dalam dekade ini sebesar 43,8 derajat Celcius. Lebih jauh ke barat, ibu kota Bangladesh juga perubahan iklim secara dramatis.



Seorang Petani Vietnam Nguyen Thi Lan mengatakan kepada AFP bahwa suhu di pusat kota Danang semakin panas dan memaksa bekerja lebih awal dari sebelumnya. "Kami harus selesai sebelum jam 10.00 untuk menghindari panas," katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)