Peneliti Temukan Bakteri Aneh pada Fosil Gigi Neandherthal, Bisa untuk Obat Antibiotik

Jum'at, 12 Mei 2023 - 13:34 WIB
loading...
Peneliti Temukan Bakteri Aneh pada Fosil Gigi Neandherthal, Bisa untuk Obat Antibiotik
Bakteri aneh pada fosil gigi Neanderthal bisa untuk obat antibiotik. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejumlah peneliti mengklaim menemukan bakteri aneh pada fosil gigi Neanderthal. Bakteri ini dianggap dapat membantu pengembangan antibiotik baru.

Dilansir dari Live Science, penelitian tersebut telah diterbitkan, pada 4 Mei, di jurnal ilmiah. Disebutkan bahwa bakteri itu telah berevolusi.

Christina Warinner, arkeolog biomolekul dari Universitas Harvard mengatakan, pihaknya telah menyelidiki microbiome oral manusia kuno dan menemukan teknik baru untuk menganalisis plak gigi manusia prasejarah.



"Plak gigi itu telah mengeras menjadi kalkulus, juga disebut tartar. Kalkulus gigi adalah satu-satunya bagian dari tubuh Anda yang masih hidup," kata Warinner, dikutip dari Live Science, Jumat (12/5/2023).

Dengan beberapa miligram kalkulus gigi, Warinner dapat mengisolasi miliaran fragmen DNA pendek dari ratusan spesies yang diacak, kemudian menyatukannya kembali.

"DNA yang ditemukan dalam kalkulus gigi manusia masa lalu, berasal dari mikroba yang telah punah," jelasnya.

Dalam studi baru mereka, Warinner dan rekan-rekannya menganalisis kalkulus gigi dari 12 Neanderthal, salah satu kerabat manusia terdekat kami yang punah, yang hidup lebih dari 100.000 tahun lalu di Eropa dan Afrika.



Mereka mengurutkan lebih dari 10 miliar fragmen DNA dan memasang kembali menjadi 459 genom bakteri, sekitar 75% di antaranya dipetakan ke bakteri mulut yang diketahui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2739 seconds (0.1#10.140)