Bukti Kuat Markas Besar Apple Jiplak Konstruksi Khalifah Abbasiyah

Minggu, 21 Mei 2023 - 17:00 WIB
loading...
Bukti Kuat Markas Besar Apple Jiplak Konstruksi Khalifah Abbasiyah
Konstruksi bangunan kantor pusat Aplle yang berbentuk lingkaran dituding mirip Baghdad. FOTO/ WIRED
A A A
CALIFORNIA - Anggapan Markas Besar Apple (HQ/Headquarters) di California, Amerika Serikat terinspiransi dari arsitektur Kota Bagdad saat era Abbasiyah tidak terbantahkan.



Seperti dilansir dari Marshble, pandangan itu sangat beralasan, pasalnya kantor pusat Apple setiap detailnya sangat identik dengan detail kota Baghdad .

Konstruksi kantor bangunan ini melingkar, sebuah video memperlihatkan update pembangunan Apple Campus 2 per April 2016.

Nilai bangunan tersebut diperkirakan mencapai USD 5 triliun yang jika dikonversi ke mata uang Indonesia sekitar Rp65.775 triliun.

Kekhalifahan Abbasiyah didirikan di Baghdad oleh para Khalifah, Baghdad adalah salah satu dari kota terbesar dan paling kosmopolitan di dunia dan menjadi rumah bagi umat Muslim, Kristiani, Yahudi, dan penganut paganisme dari seluruh Timur Tengah dan Asia Tengah.

Baghdad dianggap sebagai Zaman Keemasan Islam ketika Khalifah Abbasiyah membangun dan memerintah Baghdad setelah kematian Nabi Muhammad SAW.

Kota Bagdad didirikan di tepi barat Tigris di suatu waktu antara tahun 762 dan 767 oleh kekholifahan Abbasiyah yang dipimpin oleh Kalifah al-Mansyur.

Dalam membangun kota ini, Khalifah mempekerjakan ahli bangunan terdiri dari arsitektur-arsitektur, tukang batu, tukang kayu, ahli lukis, ahli pahat, dan lain-lain. Mereka didatangkan dari Syiria, Mosul, Basrah, dan Kufah yang berjumlah sekitar 100.000 orang.

Dikitari 3 tembok benteng, kota ini terbagi jadi 4 bagian sama, dengan 4 jalan utama dari istana kholifah ke arah masjid agung dan terus menyebar ke seluruh Iraq.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)