Ibn Al-Nafis, Ilmuwan Muslim Penemu Deskripsi Pertama Sirkulasi Paru

Senin, 22 Mei 2023 - 14:42 WIB
loading...
Ibn Al-Nafis, Ilmuwan Muslim Penemu Deskripsi Pertama Sirkulasi Paru
Ibn Al-Nafis. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Ibn Al-Nafis 1205-1288 atau yang dikenal dengan Al-Quarashi, adalah ilmuwan Islam, dokter dan ahli Islam kuno, di Sekolah Hukum Islam Shafi. Ibn al-Nafis dikenang karena jasanya dalam bidang kedokteran.

Dilansir dari The Science and Faith, Ibn Al-Nafis dikenal karena deskripsi pertama sirkulasi paru, yaitu pergerakan darah dari kanan ke ventrikel kiri jantung melalui paru-paru.

Ibn al-Nafis, yang nama lengkapnya adalah ala-ad-din Abu al-Al-Ala Ali Ibn Abi al-Haram al-Qurayshi ad-Dimashqi Ibn An-Nafis, lahir di Damaskus, Suriah.



"Dia kemudian belajar kedokteran. Karier profesionalnya berpusat di Mesir, di mana dia menjabat sebagai Kepala Dokter dan kemudian sebagai kepala Rumah Sakit Nasiri di Kairo," tulis laman itu, dikutip Senin (22/5/2023).

Ibn al-Nafis terkenal karena tulisannya tentang fisiologi dan kedokteran. Bukunya yang terkenal adalah Sharh Tashrih al-Qanun yang menggambarkan sirkulasi paru berabad-abad sebelum dokter Inggris terkenal William Harvey menggambarkan sirkulasi darah pada tahun 1628.



Buku-buku besarnya tentang seni kedokteran, berjudul Kitab Al Shamil, menampilkan bagian-bagian tentang teknik bedah dan kewajiban dari ahli bedah untuk pasien mereka.

"Karya-karya lain oleh Ibn al-Nafi termasuk risalah tentang penyakit mata dan diet, serta komentar tentang tulisan-tulisan medis dokter Hippocrates Yunani kuno," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2875 seconds (0.1#10.140)