Mengenal Black Mamba, Narkoba yang Bikin Warga Inggris Jadi Zombie

Sabtu, 03 Juni 2023 - 17:15 WIB
loading...
Mengenal Black Mamba, Narkoba yang Bikin Warga Inggris Jadi Zombie
Black Mamba mirip seperti ganja sintetis, tapi dengan efek yang lebih dahsyat. Foto: dok The Sun
A A A
INGGRIS - Black Mamba adalah jenis narkoba seperti ganja yang bikin penggunanya hilang kesadaran hingga bertingkah laku mirip zombie . Narkoba Black Mamba ini sudah lama ada di Inggris, dan belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Terbaru, Black Mamba tersebar luas di Wolverhampton, Inggris. Begitu banyaknya penggunanya, hingga disebut sebagai wabah.

Kondisi ini terus memburuk dibandingkan beberapa tahun lalu. Sebab, semakin banyak orang yang bertingkah laku bak zombie. Karena itu, disebut juga sebagai “Narkoba Zombie”.

Pernah Dijadikan Film Dokumenter
Mengenal Black Mamba, Narkoba yang Bikin Warga Inggris Jadi Zombie

Penggambaran narkoba Black Mamba sudah pernah diungkap dalam film dokumenter lansiran 2016 oleh BBC. Film itu menampilkan Wolverhampton di tengah-tengah epidemi (wabah) narkoba.

Dikisahkan di film bertajuk 'Getting Off Mamba' itu adalah kecanduan pria tunawisma berusia 27 tahun terhadap Black Mamba.

Tujuh tahun sejak film dokumenter berjudul 'Getting Off Mamba' dirilis, warga setempat mengatakan masalah ini masih berkecamuk di masyarakat. Black Mamba dan produk ganja lainnya bahkan juga menyebabkan kematian di Inggris.

Obat-obatan terlarang ini ilegal dan meniru efek bahan kimia psikoaktif dalam ganja, tetapi lebih kuat. ”Risiko efek samping Black Mamba sangat berbahaya, termasuk kegagalan organ,” sebut film Getting Off Mamba.

Jadi apa itu Black Mamba sebenarnya? Black mamba ialah pengganti ganja sintetis yang meniru efek ganja. Penggunanya berhalusinasi dan menderita kesulitan bernapas, muntah, serta kehilangan kendali.

“Meskipun dirancang untuk mereplikasi ganja, Black Mamba jauh lebih kuat dan membuat penggunanya menjadi seperti zombie," jelas The Sun
Menurut salah satu pekerja di Wolverhampton, kondisi di sana sudah lama tidak berubah. “Ini sebenarnya menjadi lebih buruk dan sayangnya, tidak ada yang berubah."



Dia menceritakan bagaimana kelompok pengguna narkoba sering berkumpul di luar tokonya dan mengemis uang. Pekerja dan warga setempat, yang tidak mau disebutkan namanya itu, mengatakan: "Ini situasi sangat tidak menyenangkan dan terasa cukup mengkhawatirkan dan mengintimidasi," katanya dilansir dari The Sun.

Sekadar informasi, dalam laporan The Sun, sebanyak 258 orang meninggal dunia akibat Black Mamba pada 2021 di Inggris.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 4.6913 seconds (0.1#10.140)