Berukuran 2 Kali Los Angeles, Gunung Es Terbesar di Dunia Tercabik-cabik Jadi 6 Bagian

Rabu, 07 Juni 2023 - 07:27 WIB
loading...
A A A
Pada saat gunung es A-68A benar-benar meleleh pada pertengahan 2021, para ilmuwan memperkirakan telah membuang sekitar 1 triliun ton air tawar ke laut di dekat Georgia Selatan. Kemungkinan A-76A juga akan menyuntikkan air tawar dalam jumlah besar ke laut terdekat, yang dapat mengganggu jaring makanan laut.
Berukuran 2 Kali Los Angeles, Gunung Es Terbesar di Dunia Tercabik-cabik Jadi 6 Bagian


Dalam sebuah pernyataan, Mark Belchier, direktur Perikanan dan Lingkungan untuk Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan, memperingatkan bahwa bongkahan gunung es baru dapat menjadi ancaman bagi kapal yang beroperasi di wilayah tersebut. Apalagi sudah terpecah menjadi 6 bagian yang tersebar di perairan.

Georgia Selatan mungkin menjadi wilayah paling sering di lintasi gunung lain yang terpecah-pecah. Apalagi pada bulan Januari, sebuah lempengan es seukuran London, bernama A-81, lahir dari Rak Es Brunt Antartika.

Penelitian menunjukkan bahwa A-81 juga bisa melayang ke Drake Passage, yang mungkin melontarkannya ke Georgia Selatan. Pada Oktober 2022, sebuah gunung es yang dikenal sebagai B-22A, berukuran sekitar dua kali ukuran Houston, Texas, mulai menjauh dari Antartika setelah menghabiskan lebih dari 20 tahun di dasar laut dekat Gletser Thwaites, juga dikenal sebagai "Gletser Kiamat".
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2548 seconds (0.1#10.140)