China Memata-matai Amerika Serikat dari Kuba, Ini Reaksi Biden

Minggu, 11 Juni 2023 - 12:55 WIB
loading...
China Memata-matai Amerika Serikat dari Kuba, Ini Reaksi Biden
Biden. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah China telah melakukan kegiatan memata-matai Amerika Serikat (AS) dari Kuba, selama bertahun-tahun. Pemerintah China, memiliki pos elektronik menguping di Kuba.

Dilansir dari laman NBC News, dikabarkan bahwa China dan Kuba telah mencapai kesepakatan untuk menempatkan fasilitas elektronik menguping di Kuba.

"China telah memiliki pos pendengaran di Kuba selama bertahun-tahun, itu adalah masalah yang telah diwarisi oleh pemerintah dan telah meningkatkan fasilitas tersebut pada 2019," katanya, dikutip Minggu (11/6/2023).


Pemerintah China juga disebut-sebut sedang meningkatkan fasilitas pengumpulan intelijennya di Kuba, pada 2019.

Pejabat administrasi Amerika mengatakan, Presiden Joe Biden telah memerintahkan para pejabat untuk berbicara dengan mata-mata China dari Kuba dan memperlambat kegiatan mata-mata RRC.

"Presiden mengarahkan timnya untuk membuat pendekatan untuk mengatasi tantangan ini. Dalam beberapa bulan, kami melakukannya, dan kami telah mengeksekusi pendekatan itu dengan tenang, dengan hati-hati," jelasnya.


Para ahli Amerika menilai upaya diplomatik yang dilakukan Amerika telah memperlambat RRC.

"Masih ada tantangan, dan kami terus khawatir tentang kegiatan lama RRC dengan Kuba. RRC akan terus berusaha meningkatkan kehadirannya di Kuba, dan kami akan terus mengganggu," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2567 seconds (0.1#10.140)